Disperindag Lamongan Upayakan Pasar Tradisional Berstandar Nasional

Suasana Pasar Tradisional Sidomuliyo saat malam hari, menjadi percontohan untuk menjadi Pasar berstandart SNI. [alimun hakim/bhirawa]

Lamongan, Bhirawa
Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Lamongan tengah berjuang untuk mewujudkan cita – citanya, menjadikan pasar tradisional yang ada di Kab Lamongan memiliki Standar Nasional Indonesia (SNI).
Salah satu langkah dalam upaya itu dimulai dengan menunjuk salah satu pasar tradisional yang sudah beroperasi yakni Pasar Rakyat Sidomulyo rencananya yang akan dijadikan percontohan.
Menurut Kepala Disperindag Lamongan, Muhammad Zamroni, sementara ini pasar yang ditunjuk untuk menuju SNI adalah Pasar Rakyat Sidomulyo, dengan melengkapi infrastruktur apa saja yang masih kurang di pasar ini.
”Untuk menjadikan pasar berstandar SNI, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Antara lain yaitu soal keamanan dan ketertiban penjual, memiliki Ruang UPT, ruang kesehatan, ruang laktasi, ruang ATM serta ruang Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Kebersihan pasar dan kenyamanan pembeli juga harus diutamakan,” tutur Zamroni.
Zamroni menambahkan, hingga kini belum satu pun pasar tradisional di Lamongan yang berpredikat SNI. Semua rata – rata bertipe C, ada sekitar 9 pasar yang tipe C. [mb9]

Tags: