Disperindag Jombang Undang Komunitas Awali Bangun Ekonomi Kreatif

Workshop tentang ekonomi kreatif di Pendopo Kabupaten Jombang, Kamis siang (19/09).

Jombang, Bhirawa
Dinas Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Jombang mengundang sejumlah komunitas dan mahasiswa untuk mengikuti Workshop tentang ekonomi kreatif di Pendopo Kabupaten Jombang, Kamis siang (19/09). Workshop tersebut dilakukan sebagai langkah awal untuk membangun ekonomi kreatif di Kabupaten Jombang.
Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Jombang, Bambang Nurwijanto menjelaskan, sesuai dengan Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) dari dinasnya, kegiatan tersebut dilakukan untuk menyatukan komunitas untuk paling tidak ada sharing pendapat terkait pembangunan ekonomi kreatif di Jombang.

Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Jombang, Bambang Nurwijanto saat diwawancarai di sela acara workhsop, Kamis siang (19/09). [Arif Yulianto/ Bhirawa].

“Kita tidak ikut trend, tapi menciptakan trend,” ujar Bambang Nurwijanto saat diwawancarai di sela acara.
Untuk sasaran yang dibidik, lanjut Bambang, yakni para komunitas yang ada di Kabupaten Jombang. Pihaknya juga mengundang narasumber untuk memberikan pencerahan dalam workshop tersebut. Ditanya lebih lanjut seperti apa kondisi perkembangan ekonomi kreatif di Jombang saat ini, Bambang menjelaskan, memang saat ini masih dalam tahap awal untuk membangun ekonomi kreatif.
“Mungkin kita harus mengkolaborasikan, mungkin IKM nya harus pakai packagingnya, pemasarannya, hal-hal yang memang harus kita mulai. Sudah dimulai, dan kita harus berbenah untuk bisa bersaing dengan yang lain,” paparnya.
Sementara terhadap para peserta yang berasal dari komunitas maupun mahasiswa diharapkan, mereka dapat berkolaborasi dan tidak berdiri sendiri-sendiri dalam rangka membangun ekonomi kreatif menghadapi era industri 4.0. Kemudian saat singgung tentang potensi ekonomi kreatif yang paling menonjol di Jombang, dia menjawab, hal tersebut masih perlu dilakukan ‘maping’.
“Potensi yang menonjol itu akan jadi lokomotifnya untuk menggerakkan yang lain,” pungkas Bambang Nurwijanto.(rif)

Tags: