Diskominfo Bondowoso Gelar Malam Penganugrahan Pemenang Video Kreatif

Kepala Diskominfo Bondowoso Haeriya Yuliati, S. Sos, MM bersama para pemenang lomba video kreatif.(Ihsan/Bhirawa)

Bondowoso, Bhirawa
Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bondowoso menggelar acara Malam Penganugrahan Pemenang Video Kreatif dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 74, dengan tema Kemerihan Kemerdekaan RI ke 74 di Bondowoso.
Haeriya Yuliati, S. Sos, MM Kepala Diskominfo Bondowoso mengatakan malam ini penuh keceriaan karena penganugrahan bagi para pemenang video kreatif yang baru pertama kali di adakan di Bondowoso.
“Tahun ini adalah tahun pertama dari Diskominfo melaksanakan video kreatif bagi para siswa SMP juga SMA yang ada di Kabupaten Bondowoso,” katanya, Selasa (10/9) malam.
Menurutnya, ajang tersebut merupakan ajang adu kreatif, untuk mengasah kemampuan dalam rangka membuat video kreatif dalam momen HUT RI yang ke 74.
“Bentuk lomba semacam ini, merupakan ajang untuk mengasah kemampuan adek-adek, tanpa melalui seleksi semacam ini, mungkin adek-adek tidak akan menyadari bahwa sebenarnya mempunyai potensi. Siapa tau melalui ajang ajang seperti ini, nantinya adek-adek peserta menjadi seorang kreator handal yang nantinya bisa di kenal di tingkat Nasional,”paparnya.
Bahwa, kata dia, remaja Indonesia, generasi melenial itu sudah banyak yang berkiprah bukan lagi di tingkat nasional tapi sudah ada yg berkreasi di tingkat internasional.”Jadi siapa tau nanti berasal dari Bondowoso, yakni yang ada di hadapan saya saat ini,” ungkapnya.
Lanjut, Ia menyampaikan di mana laporan dari panitia bahwa kemaren pesertanya mencapai 27, menurutnya mungkin ini karena yang pertama di laksanakan, sehingga belum banyak yang tau atau belum berminat karena belum tau seperti apa pembuatan video kreatif itu.
“InsyaAllah pelaksanaan berikutnya, saya yakin pesertanya akan semakin banyak, namun dari 27 peserta tadi, kami harus memilih hanya 4 saja, untuk di pilih menjadi juara, apakah sisinya itu tidak bagus, bukan,”terangnya.
Bunda Haeriya sapaan akrabnya, lebih lanjut memberikan semangat bagi peserta lomba yang belum punya kesempatan untuk menjadi juara agar tidak berkecil hati.
“Karena tidak menutup kemungkinan, ketika kemampuan adek-adek di asah kembali maka kesempatan berikutnya kalianlah yang akan jadi pemenangnya. Karena apa, hasil yang kemaren telah di tunjukkan sebenarnya sudah bagus, hanya mungkin masih ada kekurangan di bandingkan dengan yang sudah di tetapkan sebagai juara. Jadi sebenernya bagus, kreatifitas nya juga nampak, kemudian videonya sudah cukup bagus,” jelasnya.
Akan tetapi yang di tetapkan sebagai juara hanya 4, maka pihaknya memilih yang terbaik di antara yang baik dalam lomba video kreatif tersebut.
Untuk itu juara I diraih oleh Firnas Zakin Maulana Amri (SMPN 1 Bondowoso), juara ke II diraih oleh Tirta Sukma Bayu (SMK 1 Bondowoso), juara ke III diraih Ilham Saputra siswa (SMPN 3 Bondowoso) dan juara favorit di raih Mochammad Zainuri Rahman Assidiqy siswa (SMAN 1 Prajekan).
Tak hanya itu, kata dia tidak menutup kemungkinan even-even ini akan di lanjutkan, karena ternyata dari hasil seleksi kemaren, para peserta cukup kreatif dalam mencari tema ataupun momen peringatan Hari Kemerdekaan RI. Bahkan bukan hanya pada momen HUT RI saja, lomba seperti ini di gelar, karena pihaknya butuh generasi – generasi yang kreatif baik itu dalam hal multimedia atau pembuatan video maupun di hal-hal yang lain dalam rangka memanfaatkan teknologi informasi.
“Dimana ini juga merupakan bidang kami yakni pengelolaan informasi dan komunikasi,” katanya.
Dalam kesempatan itu, ia juga menyampaikan bagi para peserta yang juga masih tingkat SMP dan SMA agar bagaimana bijak dalam bermedia sosial.
“Yang perlu kita sadari bahwa kemajuan teknologi itu tidak selamanya mambawa dalam dampak positif tapi juga ada dampak negatif manakala kita tidak faham pemanfaatan teknologi informasi itu sendiri. Jangan sampai teknologi informasi yang tujuannya untuk memudahkan kita dalam berkomunikasi, membantu kemudahan kita, justru pada akhirnya menjerumuskan adek-adek,”harapnya.
Terakhir Bunda Haeriya, mengucapkan terima kasih kepada pihaknya yang telah mempunyai inisiatif, ide cemerlang dan telah mengsukseskan acara tersebut.
“Saya berterima kasih kepada rekan-rekan, khususnya Buk Eka selaku Kasi Databis serta seluruh panitia yang telah mempunyai inisiatif untuk melaksanakan video kreatif untuk adek-adek tingkat SLTP dan juga SLTA,”pungkasnya. (san)

Tags: