Dishub Jatim Siap Berikan Kenyamanan dan Keamanan bagi Pemudik

Kepala Dishub (Kadishub) dan LLAJ Jatim, Fattah Jasin

Apel Gelar Pasukan Operasi Angkutan Lebaran Terpadu 2019
Surabaya, Bhirawa
Mudik dan balik Lebaran 2019 sudah dipersiapkan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jatim. Guna memberi pelayanan yang maksimal, baik dari segi kenyamanan dan keamanan bagi pemudik, Dishub Provinsi Jatim menggelar apel gelar pasukan Operasi Angkutan Lebaran Terpadu 2019 atau 1440 H, Kamis (23/5).
Kepala Dishub (Kadishub) dan LLAJ Jatim, Fattah Jasin mengatakan, apel gelar pasukan ini akan dipimpin langsung oleh Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa. Sebanyak kurang lebih 4.000 orang, baik dari Dishub Kabupaten/Kota maupun operator angkutan umum dan stakeholder terkait, dilibatkan dalam apel kesiap siagaan untuk mudik dan balik Lebaran 2019.
“Operasi Angkutan Lebaran ini akan dimulai pada H-7 sampai H+7 Lebaran. Fokusnya mengenai keselamatan, keamanan, kenyamanan dan kesiapan armada (moda transportasi), baik transportasi darat, laut dan udara saat di lapangan,” kata Fattah Jasin kepada Bhirawa, Rabu (22/5).
Pada operasi ini, sambung Fattah, turut dilibatkan personel dari Ditlantas Polda Jatim, Jasa Raharja, Badan Badan Search and Rescue Nasional (Basarnas), Syahbandar, Otortitas Bandara Internasional Juanda, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim dan Satpol PP. “Semua stakeholder kami libatkan dalam operasi ini,” jelasnya.
Dishub Jatim, sambung Fattah, menyiapkan sebanyak 27 rest area di terminal tipe B se Jatim. Dan pusat rest area atau posko Lebaran ini dititik sentralkan di Kantor Dishub Jatim. Nantinya posko-posko ini ada juga yang dari Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), Otoritas Bandara Internasional Juanda, dan di jembatan timbang milik Kementerian Perhubungan.
“Dishub Jatim menyediakan posko atau rest area Lebaran di 27 titik, yakni di terminal tipe B se Jatim. Dan semuanya sudah ready (siap). Posko-posko ini diatur dengan pengelola dan kewenangannya. Untuk yang di jalan tol, mulai dari Ngawi sampai Probolinggo. Kemudian dari Surabaya sampai Malang,” ucapnya.
Fattah menambahkan, nantinya fasilitas rest area yang bisa dinikmati penggunjung, yaitu tempat istirahat, musala, kamar mandi yang bersih dan terawat, area bermain anak-anak dan ruang cek kesehatan ringan. Pihaknya juga mengimbau bagi masyarakat Jatim yang melaksanakan mudik dan balik Lebaran 2019, untuk terus menjaga kesehatan dan mementingkan keselamatan diri dan orang lain.
“Seperti yang disampaikan dalam rakor (rapat koordinasi) oleh Menteri Perhubungan dan Menteri Kesehatan. Yang pertama ialah harus selalu berdoa dan menjaga keselamatan. Kedua, pastikan kondisi tubuh kita dan badan kita sehat. Kemudian cek terlebih dulu kelayakan kendaraan yang akan digunakan untuk mudik dan balik Lebaran,” imbaunya.
Masih kata Fattah, Dishub Jatim juga melakukan rampcheck bagi kesiapan dan kelayanan moda transportasi mudik dan balik Lebaran. Kendaraan yang dilakukan rampcheck, yaitu Bus AKDP di terminal tipe B dan angkutan mudik balik gratis. Rampcheck itu dilakukan oleh petugas terminal tipe B dan tim rampcheck Dishub Jatim.
“Rampcheck ini tidak hanya dilakukan kepada moda transportasi saja. Tapi dilakukan juga cek kesehatan terhadap sopir bus di terminal B atau di posko-posko yang sudah disediakan. Untuk itu kami bekerjasama dengan Dinas Kesehatan di masing-masing Kabupaten/Kota,” pungkasnya. [bed]

Tags: