Dirjen Dikdasmen Apresiasi Pendidikan Situbondo

Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud RI, H Hamid Muhammad PHd, didampingi Bupati Situbondo Dadang Wigiarto, Kadisdikbud Situbondo Fathor Rakhman dan Kasek SMPN 1 Situbondo Tatik Krisnawati saat melaunching program pembelajaran berbasis digital Senin (15/4). [sawawi]

Launching Pembelajaran Berbasis Digital di SMPN 1 Mimbaan
Situbondo, Bhirawa
Prestasi dan majunya kualitas pendidikan Kabupaten Situbondo mendapat pengakuan langsung dari Direktur Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen Dikdasmen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, H Hamid Muhammad PHd, Senin (15/4) kemarin. Hamid mengunjungi Kota Santri Situbondo dalam rangka peresmian program pembelajaran berbasis digital dan peresmian gedung fisik di SMPN 1 Situbondo (Spensasi) serta SDN 1 Mimbaan Situbondo.
Hadir mendampingi Dirjen Hamid, Bupati Situbondo Dadang Wigiarto, Kadisdikbud Situbondo Fathor Rakhman, Kacabdindik Provinsi Jatim Wilker Bondowoso Mahrus Syamsul dan Kasek SMPN 1 Situbondo, Tatik Krisnawati.
Menurut Hamid Muhammad, SMPN 1 Situbondo tercatat sebagai sekolah rujukan yang masuk pembinaan Kemendikbud RI. Keberadaan program pembelajaran berbasis digital ini, urai Hamid, untuk mendorong pembelajaran dengan cara terbaik bagi guru sesuai dengan sarana berbasis digital.
Misalnya, sebut Hamid, pembelajaran mata pelajaran Bahasa Inggris, IPA dan Matematika kini sudah banyak menggunakan digital sehinga menopang kualitas pendidikan.
“Kalau semua guru memakai digital, maka mau tidak mau siswa akan belajar memakai digital, meski tanpa disuruh belajar khusus dengan digital,” ujar Hamid.
Bupati Situbondo Dadang Wigiarto mengaku sangat mendukung komitmen lembaga sekolah dalam keikutsertaannya membangun smart city di Kota Situbondo ini. Bahkan, aku Bupati Dadang, kini selain dapat menyentuh kualitas pendidikan yang strategis dengan sistem pemerintahan berbasis elektronik, program ini juga sepadan dengan program yang digelorakan oleh pemerintah pusat. “Launching pembelajaran berbasis digital ini mendapatkan sambutan dunia pendidikan kita karena dapat menambah kualitas pendidikan sekolah yang sudah menjadi sekolah rujukan,” terang Bupati Dadang.
Sementara itu Kepala Sekolah SMPN 1 Situbondo, Tatik Krisnawati menandaskan, kehadiran Dirjen Dikdasmen Kemendikbud RI Hamid Muhammad dalam rangka untuk meresmikan tiga laboratorium komputer IPA dan IPS yang merupakan bantuan anggaran dari Kemendikbud RI tahun 2018. Dengan peresmian gedung fisik ini, ujar Tatik, kini SMPN 1 Situbondo memiliki sarana laboratorium yang cukup lengkap.
Sekretaris Komite SMPN 1 Situbondo, Irfan menimpali dengan adanya tambahan sarana ini akan semakin mudah dalam mendukung peningkatan prestasi siswa siswi termasuk diantaranya laboratorium kesenian. Pasalnya, urai Irfan, SMPN 1 Situbondo kini banyak menyandang prestasi dibidang seni (paduan suara dan tari) sehingga mampu melahirkan peserta didik yang hebat hebat dan luar biasa dibidang seni masa mendatang.
“Jajaran pengurus Komite selalu siap mendukung apa yang diperlukan sekolah demi kemajuan siswa,” pungkas Irfan. [awi]

Tags: