Diresmikan Bupati, Taman Krida Kaliwungu Jadi Satu-Satunya di Jombang

Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab bersama Wakil Bupati Jombang, Sumrambah saat meninjau Taman Krida di Kelurahan Kaliwungu, Jombang, Rabu (11/09).

Jombang, Bhirawa
Taman Krida Di Kelurahan Kaliwungu, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang diresmikan secara langsung oleh Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab, Rabu pagi (11/09). Taman tersebut merupakan satu-satunya Taman Krida yang ada di Kabupaten Jombang. Lurah Kaliwungu, Juwaratu Arif Wijaya mengatakan, latar belakang dibangunnya Taman Krida di wilayahnya yakni, memanfaatkan momentum di mana Pemerintah Pusat sudah memberikan perhatian kepada kelurahan dalam bentuk Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) terkait sarana dan prasarana yang kemudian ditindaklanjuti oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang yang menunjang dengan anggaran.
Juwaratu Arif Wijaya menambahkan, berdasarkan musyawarah di tingkat kelurahan, disepakati oleh warga dan tokoh-tokoh masyarakat Kelurahan Kaliwungu, Jombang dengan pihak kelurahan setempat, kemudian dibentuklah Taman Krida tersebut.
“Yang bertujuan untuk media pembelajaran dan edukasi bagi anak di lingkungan kelurahan,” ujar Juwaratu saat diwawancarai media ini usai peresmian.
Dia memperjelas, segmentasi taman tersebut untuk anak-anak yang berusia di bawah 8 tahun. Selain itu kata dia, keberadaan taman tersebut dapat menunjang prestasi Kabupaten Jombang yang selama ini mendapatkan penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak.
“Mungkin ini menjadikan salah satu indikator nanti yang akan memperkuat posisi Kabupaten Layak Anak di Kabupaten Jombang dengan tingkat yang lebih tinggi lagi,” paparnya.
Ditanya lebih lanjut apakah ada rencana untuk mengkoneksikan Taman Krida tersebut dengan lembaga pendidikan yang ada di Kelurahan Kaliwungu, dia menjawab, ke depan pihaknya akan bsrkoordinasi dengan instansi terkait karena pada dasarnya taman tersebut merupakan milik Pemerintah Kabupaten Jombang.
“Sehingga instansi terkait atau dinas-dinas terkait yang mempunyai koorelasi dengan Taman Krida itu nanti akan kita ajak kerjasama sesuai dengan peraturan perundang-undangan, dan harapan kami memang ini menjadi ‘Pilot Project’ di Kabupaten Jombang,” terangnya.

Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jombang, Wiwin Sumrambah saat berada di Taman Krida, Kaliwungu, Jombang, Rabu (11/09). [Arif Yulianto/ Bhirawa]

Dirincinya, Taman Krida ini memiliki ukuran lahan seluas 216 meter persegi yang tanahnya merupakan aset milik Pemkab Jombang, sehingga menurutnya, lokasinya cukup strategis di pojok jalan sehingga pihaknya memanfaatkan tanah yang kosong, daripada dimanfaatkan untuk pedagang liar maupun kegiatan yang tidak ada manfaatnya.
“Sesuai dengan aturan, kita juga sudah melakukan ijin ke Dinas Aset dan lain sebagainya, sehingga kita bisa membangun dan manfaatnya lebih ‘massive’ untuk warga masyarakat,” sambungnya.
Dijelaskannya, pembangunan Taman Krida Kaliwungu ini dibiayai dari anggaran yang bersumber dari Dana Alokasi Umum Tambahan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Untuk fokus pemanfaatan Taman Krida itu sendiri nantinya untuk kegiatan-kegiatan formal seperti kegiatan Posyandu Balita, Bina Keluarga Balita, hingga kunjungan-kunjungan Taman Kanak-Kanak.
“Itu akan menjadi agenda rutin kita, sesuai dengan regulasi yang akan kita sepakati bersama dengan tokoh masyarakat, tapi untuk kegiatan non formal itu seluruhnya nanti akan dimanfaatkan oleh warga Kabupaten Jombang secara umum, khususnya warga Kelurahan Kaliwungu,” paparnya lagi.
Sementara itu Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab mengatakan, dengan keberadaan Taman Krida Kaliwungu ini, paling tidak bisa bermanfaat terutama bagi anak-anak maupun masyarakat Kelurahan Kaliwungu, Jombang.
“Belum ada desa di Kabupaten Jombang yang memiliki taman seperti ini,” kata Bupati Mundjidah Wahab.
Selain untuk melaksanakan instruksi Mendagri, Bupati berharap, adanya Taman Krida di Kelurahan Kaliwungu ini sebagai perintis yang ke depannya yang akan disempurnakan lagi keberadaannya.(rif)

Tags: