Dinkop dan UKM Jatim Promosikan Produk KUKM Melalui Bazar Ramadan Sale

Sejumlah Kepala OPD menabuh kentongan bambu sebagai tanda dibukanya Bazar Murah Ramadan Sale yang digelar oleh Dinas Koperasi dan UKM Jatim. [gegeh]

Pemprov, Bhirawa
Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jatim menggelar Bazar Murah Ramadan Sale sejak 15-19 Mei mendatang di depan kantornya Jalan Juanda, Sidoarjo. Sebanyak 30 stand telah disiapak secara gratis untuk promosi produk Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (KUKM) ke masyarakat.
Kegiatan tersebut didukung oleh sejumlah OPD diantaranya, Dinas Kominfo Jatim, BKD Jatim, Disperindag Jatim, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Jatim, Dinas Perkebunan Jatim, dan Dinas Peternakan Jatim.
Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jatim, Mas Purnomo Hadi mengatakan, setiap harinya bazar dibuka dari pukul 15.00 sampai 22.00 WIB. Kegiatan bazar ini merupakan kegiatan rutin tahunan sejak tahun 2014. Hal ini guna memenuhi permintaan pasar masyarakat terhadap produk sembako dan kebutuhan lainnya di bulan Ramadan dan menjelang Lebaran, terutama masyarakat disekitar lingkungan Dinkop dan UKM Jatim.
“Kegiatan ini sesuai arahan Ibu Gubernur Jatim dalam Rapat Koordinasi Terbatas Persiapan Ramadhan tanggal 1 Mei 2019. Bahwa diperlukan sinergitas antar OPD dalam menyemarakkan bulan Ramadan, maka kegiatan ini merupakan bentuk kolaborasi atau kerjasama 11 OPD di lingkup Pemprov Jatim,” katanya.
Dinkop dan UKM Jatim, Lanjut Mas Purnomo, telah memfasilitasi 30 stand gratis bagi pelaku Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, dan beberapa OPD Pemprov Jatim wilayah Selatan Surabaya dan Sidoarjo.
Pelbagai acara akan dimeriahkan diantaranya Bazar Sembako Murah, Bazar Produk KUKM, Bazar Takjil, Festival Musik Islami, Lomba Tahfidz/ hafalan Al-Qur’an untuk anak usia 5-12 tahun, Lomba Mewarnai untuk anak usia 8-10 tahun dan Lomba Menyanyi Lagu Islami bagi anak usia 7-12 tahun.
“Kegiatan ini sangatlah positif, tentunya ini membantu masyarakat kita untuk memenuhi kebutuhan pokok yang memiliki harga terjangkau dan berkualitas,” ujarnya.
Pihaknya berharap agar masyarakat memanfaatkan kesempatan dengan baik, dan meminta supaya warga tidak khawatir, dikarenakan bazar digelar untuk lima hari kedepan. Kegiatan ini pun sebagai ajang silaturahim antara pemerintah dan masyarakat.
“Untuk warga jangan khawatir karena acara ini akan berlangsung untuk lima hari kedepan, jadi kalau hari ini kehabisan, masih bisa datang lagi besok dan lusa, jangan lupa ajak sanak saudara untuk datang, karna banyak sekali aksesoris khas Jatim yang di jual di bazar ramadhan ini,” ujarnya.
Sementara itu, Wakil Ketua II Dewan Pengurus Korpri Jatim, Siswo Heru Toto saat membuka bazar mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk perwujudan Nawa Bhakti Satya Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim yakni Jatim Cerdas dan Sehat, Jatim Berkah dan Jatim Berdaya.
“Ini bentuk Perwujudan Nawa Bhakti Satya yang bertujuan untuk meningkatkan keshalehan sosial bagi seluruh jajaran ASN di lingkup Pemprov Jatim dan pemberdayaan lingkungan masyarakat,” terangnya.
Siswo yang mewakili Sekdaprov Jatim ini mengapresiasi adanya kolaborasi antar OPD dalam kegiatan Gelar Promosi Produk KUKM – Bazar Murah Ramadhan Sale. Hal ini dinilai bukti dan komitmen bahwa Pemprov Jatim dapat bekerjasama dalam pelayanan dan penyediaan kebutuhan masyarakat.
“Terutama kebutuhan pada saat Ramadan dan menjelang Idul Fitri dimana sebagian besar harga kebutuhan pokok mengalami peningkatan. Semoga dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi kita semua,” pungkasnya.
Selanjutnya secara simbolis, Siswo dan sejumlah kepala OPD menabuh kentongan bambu sebagai tanda dibukanya Bazar Ramadahan 2019. [geh]

Tags: