Dinas Peternakan Siap Layani Peternak di Provinsi Jawa Timur

Pemprov Jatim, Bhirawa
Disnak Jatim memberikan bermacam jenis pelayanan yang sampai saat ini diberikan kepada para peternak secara tak berbayar. Di antaranya, pengoptimalan pelayanan inseminasi buatan, pemeriksaan kebuntingan, penyediaan benih & bibit sapi, pengembangan teknologi pakan dan penguatan kelembagaan peternak.
“Kami terus lakukan pendampingan lewat masing-masing Dinas Peternakan. Tidak hanya yang berhubungan dengan inisiasi program inseminasi buatan saja, tapi juga pengendalian kesehatan dan penjaminan produk hewan sampai pada pengolahan dan pemasaran,” kata Kepala Disnak Jatim Wemmi Niamawati, kemarin.
Dikatakannya, Disnak juga berurusan terkait stabilisasi harga dan memfasilitasi peternak dengan pihak kemitraan seperti koperasi dan perbankan untuk permodalan. Semua itu, merupaka upaya Disnak Jatim dalam memaksimalkan strategi peningkatan produksi hewan ternak.
Menurutnya, tingginya kontribusi peternakan Jawa Timur terhadap kebutuhan nasional bukan berarti mengurangi upaya Pemprov Jawa Timur dalam melakukan penetrasi peningkatan produktivitas hewan ternak. Dengan populasi sapi pedaging sebanyak 4.637.905 ekor atau telah menyumbang 27 persen dari kebutuhan nasional, misalnya, Dinas Peternakan Kabupaten/ Kota diharapkan dapat bersinergi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan stake holder lainnya. [rac]

Tags: