Dinas Pengairan Juara Satu Kinerja O-P Nasional

Mulyono-ST-Petugas-OP-dan-Jaringan-Bondowoso-saat-presentasi-dihadapan-para-Juri-dari-Dirjen-SDA-Kementerian-PU-Pera.

Mulyono-ST-Petugas-OP-dan-Jaringan-Bondowoso-saat-presentasi-dihadapan-para-Juri-dari-Dirjen-SDA-Kementerian-PU-Pera.

Bondowoso, Bhirawa
Setelah melalui perjalanan panjang lomba Pemilihan petugas O&P jaringan irigasi permukaan dan irigasi rawa teladan serta komunitas peduli sungai yang dimulai dari tingkat Kabupaten, Provinsi Jatim hingga tingkat nasional tahun 2015 yang diadakan oleh kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU Pera) Direktorat Jenderal Sumber Daya Air yang pada tahun ini tahap penilaian paparan/presentasi petugasO & P diadakan di Jogyakarta pada tanggal 24 sd 28 Agustus 2015, akhirnya Kabupaten Bondowoso yang mewakili Jatim mampu menyingkirkan Provinsi lain dan menjadi Juara 1.
Pada Lomba ini, Dinas Pengairan Kabupaten Bondowoso dalam hal ini menjadi perwakilan Provinsi Jatim juga mengikuti kegiatan ini, yang diikuti oleh Kepala UPT Tlogosari  Mulyono ST. Setelah melalui proses yang panjang dan urutan ke 21 dari 28 peserta yang dibagi menjadi 2 divisi, Dewan juri dalam kategori pengamat  jaringan irigasi air permukaan yaitu Ir Sukrasno Dipl He, Ir. Eko Subekti dan Dr. Ir. Syamsudin Mansyur, memberikan nilai kepada dinas Pengairan kabupaten Bondowoso yang menjadi wakil Provinsi Jatim  278, 26 dan menjadi peringkat 1 dari divisi 1 dalam tahapan penilaian paparan/presentasi kali ini. “Untuk Penilaian Presentasi ini kami memutuskan Jatim yang diwakili Bondowoso menjadi juara 1,” katanya.
Drs. karna suswandi MM selaku Kepala Dinas Pengairan Kabupaten Bondowoso yang mendampingi langsung kegiatan ini mengungkapkan rasa syukurnya karena pihaknya yang menjadi wakil Provinsi Jawa Timur berhasil menjadi peringkat 1 dalam kegiatan tahapan paparan ini.
“Kami ucapkan terimakasih kepada Bapak Bupati Bondowoso yang telah mendukung Lomba ini dan terima kasih kepada karyawan dan karyawati Dinas Pengairan yang telah membantu tersuksesnya kegiatan ini serta terimakasih kepada tim pendamping provinsi jawa timur yang telah mendampinggi kami,” katanya.
Dalam kesempatan tersebut Karna mengungkapkan jika perjuangannya masih berat karena akan ada penilaian kinerja O & P di lapangan nantinya. Namun menurutnya menjadi peringkat 1 dalam tahapan ini adalah modal dan semangat untuk selalu bekerja keras dan meraih prestasi kerja yg dapat mengharumkan nama baik Bondowoso di pentas Nasional.
Sementara itu dalam sambutannya, Sekdirjen SDA kementrian PU Ir.Hartanto Dipl. HE mengatakan bahwa pada kegiatan ini bukan masalah menang atau kalah namun kegiatan ini untuk memperkuat silahturahmi, berbagi pengalaman, motivasi petugas O & P antar daerah dan meningkatkan kwalitas pelayanan OP semakin baik.
“Pada tahun ini ada kegiatan pemilihan kegiatan komunitas peduli sungai yang baru dilaksanakan pada tahun ini yang diikuti oleh 10 peserta. Pada kegiatan ini di bagi menjadi 5 kelompok yang dikuti perwakilan dari berbagai provinsi,” katanya.
Adapun kelompok tersebut yaitu : kategori pengamat/UPTD pengamat  jaringan irigasi permukaan 28 peserta, kategori irigasi rawa 29 peserta, kategori juru rawa 13 peserta, kategori juru air permukaan 12 peserta dan kategori komunitas peduli sungai 10 peserta. Kegiatan paparan/presentasi bobot penilaiannya 40% nantinya dilanjutkan penilaian kinerja O&P dilapangan dengan bobot 60% yang dilakukan pada bulan september. “Selanjutnya penerimaan penghargaan juara nanti akan dilakukan langsung oleh Bapak Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat pada hari bakti PU pada bulan desember nanti|,” ungkapnya. [har]

Tags: