Dinas Pendidikan Kota Kediri Umumkan Hasil PPDB SD/SMP

Siswanto

Kota Kediri, Bhirawa
Pengumuman hasil pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2019/2020 baik jenjang SD/SMPN dilakukan serentak hari ini, Senin (24/6). Para calon orang tua murid dapat melihat hasil melalui sistem jaringan ataupun datang langsung ke lokasi sekolah.
Setelah melihat pengumuman dan memastikan bahwa peserta PPDB diterima, orangtua bisa segera melakukan daftar ulang.
Kepala Dinas Pendidikan Kota Kediri, Siswanto mengatakan pengumuman penerimaan PPDB dan daftar ulang dilakukan selama tiga hari. “Hasilnya dapat dilihat melalui sistem online mulai Senin (hari ini-red) dan waktu daftar ulang sampai Rabu (26/9/2019). Kalau untuk melihat hasilnya dengan datang ke sekolah juga bisa,” tuturnya.
Pihak Disdik juga mengimbau kepada orangtua, untuk mempersiapkan berkas daftar ulang. Harapannya setelah tiba di sekolah tidak ada berkas yang tertinggal. Meskipun daftar ulang bisa dilakukan sampai tanggal 26 Juni, namun pihaknya memperkirakan terjadinya penumpukan orang tua di sekolah.
Siswanto berharap pihak sekolah juga mempersiapkan diri, seperti mempersiapkan mekanisme daftar ulang yang mempermudahkan orangtua siswa. Pihak sekolah dapat memberikan tempat sesuai dengan rombongan belajar (rombel) peserta didik baru. “Nanti akan ada mekanisme pengumpulan orangtua dari pihak sekolah,” lanjut Siswanto.
Setelah proses daftar ulang selesai, pihak sekolah memberikan pengarahan orangtua siswa untuk kegiatan pengenalan lingkungan sekolah. Pengenalan lingkungan sekolah dimulai tanggal 15 sampai 17 Juli sebelum proses kegiatan belajar mengajar (KBM) tahun ajaran baru dimulai.
Menurut Siswanto, pengarahan sangat penting, lantaran peserta didik baru masih belum paham mengenai peraturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah. Selain itu, dengan memberikan pengarahan, siswa dapat mempunyai gambaran untuk mempersiapkan diri. Misalnya seragam apa yang akan digunakan selama masa pengenalan lingkungan sekolah.
“Untuk SMP, diupayakan dapat mengikuti kegiatan yang di sekolah. Karena, kegiatan di SMP lebih padat jika dibandingkan dengan SD. Nah, untuk siswa SD yang baru masuk, orangtua juga harus mendampingi dan diupayakan sering berkomunikasi dengan guru jika ada kendala dapat segera teratasi,” tandas Siswanto.
Sementara untuk jenjang SD bagi orang tua peserta didik yang anak didiknya belum mendapat sekolah tidak perlu khawatir. Pasalnya untuk jenjang SD di Kota Kediri masih banyak sekolah yang belum memenuhi pagu yang ditentukan. Untuk pendaftarannya sendiri dibuka pada Kamis (27/6) besok. Untuk orang tua murid bisa datang langsung ke sekolah yang dituju yang masih terdapat kuota sisa. [van]

Berikut SD yang masih belum memenuhi kuota sejak ditutupnya pendaftaran
Kecamatan Kota
1. SDN Balowerti 2
2. SDN Jagalan 1, 3, dan 5
3. SDN Banjaran 6
4. SDN Kampung Dalem 3 dan 4
5. SDN Ngadirejo 2, 3 dan 5
6. SDN Ngronggo 3 dan 4
7. SDN Rejomulyo
8. SDN Semampir 4

Kecamatan Pesantren
1. SDN Bangsal 1
2. SDN Betet 1
3. SDN Blabak 1, 2, 3 dan 4
4. SDN Burengan 5
5. SDN Jamsaren 1
6. SDN Ngletih 1
7. SDN Pakunden 1
8. SDN Singonegaran 1 dan 2
9. SDN Tempurejo 1 dan 2
10. SDN Tinalan 2
11. SDN Tosaren 1, 2 dan 4

Kecamatan Mojoroto
1. SDN Bandar Kidul 2 dan 3
2. SDN Bandar Lor 1
3. SDN Bujel 1 dan 2
4. SDN Campurejo 1
5. SDN Lirboyo 1 dan 2
6. SDN Mojoroto 2, 3, 4 dan 6
7. SDN Ngampel 2
8. SDN Sukorame 1 dan 5

Tags: