Diamini 4.000 Malaikat

M Ali Misbahul Munir

Oleh:
M Ali Misbahul Munir
Pengasuh Ma’had Nurul Quran (MNQ) Surabaya

Sungguh indah manakala kita diberi karunia oleh Allah bisa khatam Alquran, terutama di bulan Suci Ramadan ini. Rahmat Allah turun pada saat khatmul Quran & doa pun mustajabah. Imam an-Nawawi menampilkan riwayat dari ad-Darimi dengan sanadnya dari Humaid al-A’roj, ia berkata: “Barangsiapa membaca Aluuran (sampai khatam) kemudian berdoa. Maka 4000 malaikat ikut mengamini doanya” (at-Tibyan Fi Adab Hamalah Alquran, 126).
Sebenarnya mudah untuk bisa khatam Alquran dalam satu bulan. Asalkan azam sudah tertanam kuat dalam hati. Misalnya per hari kita sempatkan 1 Jam bersama Alquran untuk membaca 1 Juz, maka dalam sebulan bisa kita tuntaskan 30 Juz. Insya Allah. La Quwwata illa Billah.
Ya Alloh, Mudahkan lisan kami senantiasa Tilawah Alquran di pagi, siang maupun malam. Birohmatika Ya Arhamar Rohimin.
Karena itu, sebuah karunia jika kita masih berkesempatan menyambut Bulan Ramadan. Meski demikian, sungguh tidak semua orang mampu berpuasa secara penuh di bulan Ramadan, menjalankan salat Tarawih dengan istiqamah, mengkhatamkan 30 Juz Alquran, serta menghidupkan amal-amal sunnah lainnya di bulan yang istimewa ini. Karenanya, Nabi Saw mengajarkan sebuah doa yang istimewa pula.
Dari Ubadah bin Shomit ia berkata : Adalah Rosululloh Saw mengajari kami (para Shohabat) dengan beberapa kalimat berikut ini ketika Ramadan tiba. “Allahumma sallimni liromadhan, wasallim Romadhona li, wasallimhu li mutaqabbala”. Artinya : …(Ya Allah, serahkanlah diriku pada Ramadhan, dan serahkanlah Ramadhan padaku, dan serahkanlah ia kepadaku dalam keadaan diterima).
Beratnya tantangan dan godaan yang ada di bulan puasa, Insya Allah akan terlampaui dengan indah manakala kita menghadapinya dengan ‘Imanan wa ihtisaban’, seraya yakin akan pertolongan dari-Nya. Ya Allah, bimbing dan mampukan kami melaksanakan seluruh ibadah di bulan suci Ramadan dan terimalah ia sebagai tabungan amal kami di akhirat kelak. Birohmatika Ya Arhamar Rohimin. ***

Rate this article!
Diamini 4.000 Malaikat,5 / 5 ( 1votes )
Tags: