Di Kabupaten Situbondo Prabowo – Sandi Menang 1. 023 Suara

Suasana pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara pemilu 2019 oleh KPU Situbondo berlangsung lancar. [sawawi/bhirawa]

Situbondo, Bhirawa
Jumat (3/5) kemarin Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Situbondo mengadakan rapat pleno terbuka rekapitulasi suara dan penetapan hasil perolehan suara pemilu 2019.
Acara rapat pleno diadakan di hotel Sansui Jalan Raya Desa Kendit Kecamatan Kendit Situbondo. Dari hasil rekapitulasi pilpres, pasangan 02 capres-cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menang sebanyak 1.023 suara.
Menurut Ketua KPU Kabupaten Situbondo, Marwoto angka kemenangan capres-cawapres yang diusung Partai Gerindra-PKS-Partai Demokrat dan PAN itu menang tipis dari pasangan nomor urut 01 Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin.
Prabowo-Sandi memperoleh 203.812 suara atau 50, 13 persen. Sedangkan pasangan Jokowi-KH Ma’ruf Amin berhasil memperoleh 202.789 suara atau 49, 87 persen.
“Kemenangan pasangan nomor urut 02 ini terbilang sangat tipis. Sekitar 1.023 suara,” ungkap Marwoto.
Masih kata Marwoto, mengacu pada data rekap setiap Kecamatan, ujar Marwoto, pasangan Prabowo-Sandi menang dan unggul di 10 Kecamatan dari 17 Kecamatan yang ada di Kabupaten Situbondo. Diantaranya, sebut Marwoto, di Kecamatan Sumbermalang, Jatibanteng, Besuki, Suboh, Mlandingan, Bungatan, Kendit, Panji, Arjasa dan Kecamatan Jangkar.
“Sedangkan pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin unggul di 7 Kecamatan. Diantaranya Kecamatan Banyuputih, Asembagus, Kapongan, Situbondo, Panarukan, Banyuglugur dan Kecamatan Mangaran,” tutur Marwoto.
Marwoto melanjutkan, setelah selesai penghitungan pasangan capres-cawapres, hasil rekapitulasi suara langsung diteruskan menghitung perolehan suara DPR RI dan DPD RI. Marwoto mengaku, saat ini penghitungan suara yang sudah selesai baru pasangan capres-cawapres.
Marwoto menambahkan, rekapitulasi suara pemilu 2019 ini diagendakan berlangsung sampai Jum’at kemarin. “Alhamdulillah pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi berjalan dengan lancar,” pungkas Marwoto. [awi]

Tags: