Dewi Sawitri: ASN Pemkab Lumajang Diharapkan Tak Terjebak Hoax

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang, Dewi Sawitri, dihadapan pegawai dilingkungan Pemkab Lumajang ketika, dirinya bertindak sebagai inspektur upacara.

Lumajang Bhirawa
Pesta Demokrasi yang yakni Pileg, DPD dan Pilpres yang akan diselenggarakan beberapa hari lagi, para PNS atau ASN diharapkan dapat menjadi peredam memanasnya sebaran hoax yang berkembang baik di dunia maya maupun yang jadi pembahasan masyarakat kecil jelang Pemilu kali ini.
Bahkan sebagai bentuk dari menyebarnya hoax itu, sebagai ASN harus lebih bijak dan teliti jika ingin membagikan atau menyebarkan informasi keliru (hoax) tersebut kepada masyarakat baik melalui medsos maupun penyampaian secara lesan kepada orang lain.
Hal tersebut disampaikan oleh Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang, Dewi Sawitri, dihadapan pegawai dilingkungan Pemkab Lumajang ketika, dirinya bertindak sebagai inspektur upacara rutin dihalaman Kantor Bupati Lumajang,(15/4).
“Kami mohon, kami menghimbau untuk lebih teliti dalam membagikan berita. Jangan percaya begitu saja,” ujarnya.
Menurutnya sebagai ASN, jika mendapatkan informasi yang diragukan sebaiknya harus mencari tahu dan memastikan tentang kebenaran berita tersebut, yakni dengan melakukan pengecekan website resmi ataupun portal-portal berita yang ada, agar mendapatkan informasi yang sebenarnya sebelum dibagikan kepada masyarakat atau publik.
Sebab sebagai ASN yang merupakan bagian dari unsur Pemerintah, memiliki kewajiban untuk meluruskan informasi salah yang tersebar dimasyarakat sebagai upaya peredaman untuk menjaga kerukunan dan untuk mencegah suasana panas akibat informasi hoax, yang berpotensi terjadinya konflik horizontal dimasyarakat.
“Bijaklah bermedsos,teliti beritanya sebelum membagi,” pungkasnya.(Dwi)

Tags: