Dewan-Disperindag Matangkan Persiapan Operasional Pasar

Anggota DPRD Kab Mojokerto sesaat sebelum menggelar rapat koordinasi dengan Disperindag. [kariyadi/bhirawa]

Kab Mojokerto, Bhirawa
Anggota DPRD Kab Mojokerto melakukan persiapan matang menjelang peresmian Pasar Desa Kedungmaling, Kec Sooko, Kab Mojokerto. Para wakil rakyat ini menggelar rapat koordinasi dengan Dinas Perdagangan dan Industri (Disperindag).
Rakor digelar di ruang Kepala Disperindag Kab Mojokerto. Sementara kalangan DPRD dipimpin langsung Winajat SH bersama anggotanya antara lain Drs Ismail, Ir H Moh Fawzi, Fasikatus Sakdiyah dan H Mahfudz.
Rakor persiapan peresmian pasar dilakukan untuk mengetahui kesiapan dinas terkait dalam mengelola pasar. ”Selain membahas soal persiapan launcing, wakil rakyat bersama Kepala Disperindag juga membahas topik terkait hasil revitalisasi pembangunan Pasar Kedungmaling, apakah sudah siap untuk ditempati para pedagang,” ungkap Winajat.
Lebih lanjut, disampaikan Winajat, pihaknya mempertanyakan soal berapa jumlah pedagang yang sudah siap menempati kios baru. Karena ini perlu pencocokan data jumlah pedagang. ”Selain itu kita juga harus melakukan pendataan kepada pedagang baru agar tidak bermasalah,” tandasnya.
Winajat juga memperhitungkan, apakah di luar itu masih ada permintaan penambahan kios dari pedagang. Karena bila ada maka akan kami bahas dalam perencanaan anggaran di tahun 2020 nanti. ”Dengan pemindahan pedagang dari pasar lama ke pasar yang baru biasanya akan ada perubahan jumlah pedagang yang akan menempati kios,” paparnya.
Sementara itu, Kepala Disperindag Kab Mojokerto, Bambamg Purwanto SH MH juga menegaskan, pembangunan Pasar Kedungmaling dibangun di area seluas 1,3 hektar dan tahun 2019 ini ada penambahan dana sebesar Rp4.5 miliar. Jumlah pedagang yang sudah terkaver untuk bisa menempati kios ini sejumlah 582 pedagang. ”Diharapkan dengan adanya pasar baru, roda perekonomian semakin berkembang pesat,” tegasnya. [kar]

Tags: