Desainer Keramik Usia Muda Masih Sangat Dibutuhkan

Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Jawa Timur Dr. Ir. Drajat Irawan ST.MM, saat meninjau Festival Cipta Desain Keramik tingkat SMK se Kota Malang Rabu 28/8 kemarin.

Kota Malang, Bhirawa
Dinas Perindustrian Provionsi Jawa Timur, melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Aneka Industri dan Kerajinan Surabaya, di Malang mengelar Festival Cipta desain keremik tingkat SMK, Rabu 28/8 kemarin di Halaman Kantor UPT Setempat Jalan Panji Suroso 22 Malang.
Festival Cipta Desain Keramik tingkat SMK ini, menurut Kepala UPT Aneka Industri dan Kerajinan Surabaya, Dra. Masitah Rahman MM, untuk memunculkan desainer muda, karena desiner muda dibidang keramik potensinya sangat besar.
“Potensi generasi muda untuk menjadi desain keramik sangat besar, makanya harus terus didorong untuk bisa lebih maju untuk kedepan. Karena itu, melalui festival ini diharapkan muncul genarasi muda yang mampu menjadi desainer keramik yang handal,”tuturnya.
Karena itu, pihaknya berharap para peserta setelah acara ini, bisa menekuni kerajinan keramik untuk dijadikan, peluang usaha pasca dia sekolah nanti. Apalagi pemerintah memberikan kesempatan agar muncul generasi muda desainer keramik.
Sebenarnya, jika ditekuni ada peluang usaha yang sangat menjanjikan. Apalagi IKM keramik masih sedikit. Karena itu jika sudah menenukuni dan menjiwai tinggal sistem pemasaran dan manajemennya diperbaiki.
“Saya kira pembinaan akan dielakukan oleh Pemintah, tidak hanya saat prosesnya tetapi pemasarannya juga akan dibantu. Apalagi diera digital seperti sekarang ini memasarkan keramik sangat mudah baik melalui online maupun ofline,”tukasnya.
Pihaknya juga memberikan peluang bagi para generasi muda yang ingin menjadi pengusaha atau pengrajin keramik, untuk memanfaatkan peralatan yang berada di UPT, kedepanya setelah berjalan baru membeli alat tersendiri.
”Peralatanya memang mahal, tetapi untuk sementara ini, bisa menggunakan pelalatan yang ada di UPT, jika sudah maju baru beli perlatan sendiri. Dan sudah banyak contoh para pelaku kermik muda bisa lebih sukses,”tukasnya.
Terkaiat dengan bahan baku, menurut dia tidak ada persoalan, karena Pemerintah juga memberikan akses untuk bahan, sehingga berapapun yang dibutuhkan untuk bahan keramik pasti tersedia.
Ia lantas, mencontohkan kesuksesan generasi muda yang menekuni bahkan mulai dari nol mereka mencoba dan sukses. Keramik Diniku salah satu contoh yang bisa meraih sukses dan menerobos pasar keramik.
Menurut dia, banyak peluang yang bisa dilakukan oleh pengarajin keramik, salah satunya adalah konsep aroma terapi. Pengusaha aroma terapi sangat banyak tetapi penyedia keramiknya masih minim. “ ini peluang usaha,”tuturnya.
Sementara itu, pemenang cipta desian keramik tingkat SMK se Kota Malang juara satu diraih Zainal Abidin dari SMK 5, juara dua diraih Djoedi Sanrio SMK 10, juara ke tiga Miftahul Ulumiah SMK Arjuna. Sementara juara favorit 1 Lukita Kamela SMK 4, dan juara Favorit dua Riandy Aditya SMK 5. [mut]

Tags: