Desa Pujon Kidul Terpilih Ikuti Lomba Desa Tingkat Provinsi Jatim

Plt Bupati Malang HM Sanusi (kanan) saat menerima rombongan Tim Penilai Lomba Desa dan Pelaksanaan 10 Program Pokok PKK Tingkat Provinsi Jawa Timur (Jatim) Tahun 2019, di Desa Pujon Kidul, Kec Pujon, Kab Malang

Kab Malang, Bhirawa
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang telah mengikutkan Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, untuk mewakili desa yang ada di Kabupaten Malang dalam Lomba Desa dan Pelaksanaan 10 Program Pokok PKK Tingkat Provinsi Jawa Timur (Jatim) Tahun 2019.
Sedangkan dalam lomba tersebut, Tim Penilai Lapangan dari Provinsi Jatim sudah mendatangi desa tersebut. Selain itu, Desa Pujon Kidul itu, sebelumnya juga mampu meraih prestasi terbaik dalam mengembangkan desanya. Sehingga berdampak pada meningkatnya pertumbuhan ekonomi masyarakat, dan bisa mensejahterakan masyarakatnya di wilayah desa tersebut.
Hal ini dibenarkan, Ketua Tim Penilai Lomba Desa dan Pelaksanaan 10 Program Pokok PKK Tingkat Provinsi Jawa Timur (Jatim) Tahun 2019, yang juga menjabat sebagai Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Jatim Heru Suseno, Senin (24/6), kepada wartawan. Menurutnya, Lomba Desa yang kita gelar ini, kita awali dari konsep per regional, yang nantinya untuk mengikuti Lomba Tingkat Nasional, yang selanjutnya Desa Pujon Kidul itu, akan bersaing dengan desa dan kelurahan se-Pulau Jawa dan Pulau Bali.
“Jika nanti Desa Pujon Kidul meraih juara pertama ditingkat Jatim, tentunya akan bersaing dengan desa dan kelurahan se-Pulau Jawa dan Bali. Sedangkan di Desa Pujon Kidul sendiri mempunyai keunggulan tersendiri di bidang Pariwisata, yaitu Wisata Desa Pujon Kidul,” paparnya.
Selain itu, lanjut Heru, desa tersebut sudah dikenal di Indonesia, bahkan mancanegara, karena wisata alamnya. Dan juga memiliki segudang prestasi yang didapat. Sehingga dirinya berharap agar Desa Pujon Kidul lolos klasifikasi, serta meraih nilai ternbaik dalam Lomba Desa dan Pelaksanaan 10 Program Pokok PKK Tingkat Provinsi Jawa Timur (Jatim) Tahun 2019.
Sementara itu, Kepala Desa Pujon Kidul Udi Hartoko menjelaskan, wilayah desa yang dipimpinnya ini, telah memiliki luas wilayah 330 hektar, dengan jumlah dusun sebanyak tiga dusun, yakni Dusun Krajan sebagai Pusat Pelayanan Masyarakat (PPM), sebagai tempat Kantor Desa dan Badan Pengawas Desa (BPD). Sedangkan Desa Tulungrejo merupakan kampung budaya dan adat. Dan Dusun Maron sebuah kawasan pangan lestari dan wisata konservasi. “Wisata unggulan yang kita miliki saat ini, yaitu cafe sawah, yang pengelolaan dibawah Badan Usaha Milik Desa (BUMDes),” jelasnya.
Dikatakan, Desa Pujon Kidul kembali mendapatkan kesempatan untuk mengikuti Lomba Desa dan Pelaksanaan 10 Program Pokok PKK Tingkat Provinsi Jawa Timur (Jatim) Tahun 2019, hal ini merupakan penghormatan yang luar biasa, apalagi Desa Pujon Kidul mewakili desa-desa yang ada di wilayah Kabupaten Malang, yang totalnya mencapai 378 desa dan 12 kelurahan, yang tersebar di 33 kecamatan.
“Desa Pujon Kidul ini, terkenal di Indonesia karena setelah berdirinya Wisata Desa Pujon Kidul. Karena wisata yang dikelola desa ini, benar-benar memiliki keindahan tersendiri, apalagi viewnya di malam hari sangat indah. Sehingga dirinya berharap, Lomba Desa ditingkat Provinsi Jatim mendapatkan nilai terbaik,” tandas Udi. [cyn]

Tags: