Datangkan Manfaat, 50 Embung Desa Bakal Ditabur Benih Ikan

Salah satu embung di Bojonegoro (Achmad basir/bhirawa)

Bojonegoro, Bhirawa
Agar bisa mendatangkan manfaat bagi masyarakat sekitar, Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Bojonegoro bakal menebar benih ikan di puluhan embung desa .
Penebaran benih ikan di embung tersebut diharapkan bisa menyeimbangkan ekosistem di air tawar, serta memberikan harapan kepada masyarakat di desa untuk mengkonsumsi ikan segar setiap harinya. Selain itu untuk mendukung program pemerintah dalam gerakan makan ikan.
Kepala Bidang Perikanan, Disnakkan Bojonegoro, Imam Suprayogi mengatakan, penaburan benih ikan tersebut, bakal dilakukan memasuki musim penghujan mendatang. Penaburan ikan itu dilakukan secara bergilir diberbagai embung yang ada, sehingga diharapkan dapat meningkatkan produksi ikan bagi masyarakat Bojonegoro.
“Memasuki musim hujan, air di embung relative cukup untuk memelihara ikan. Bantuan benih itu ada 2 jenis ikan yakni Ikan Tawes dan Nila diberikan secara gratis untuk masyarakat. Saya berharap benih ikan dijaga dan dirawat bersama,” kata Imam Suprayogi, kemarin (23/10).
Menurutnya pemilihan dua jenis ikan tersebut dikarenakan mudah perawatannya. Selain itu, lebih mudah karena ikan itu termasuk hewan ikan pemakan daun sehingga lebih mudah perawatan dan cocok untuk disegala jenis air.
“Nantinya Penaburan benih ikan akan ditabur di 50 embung yang tersebar diseluruh Kabupaten Bojonegoro,” bebernya.
Penaburan benih ikan disetiap embung nantinyaa tergantung luas lahan embung yang tersedia, namun setiap luas lahan embung bila mencapai 2 hektar akan ditaburi benih ikan sebanyak 10 ribu ikan Nila dan Tawes.
Dengan adanya penebaran benih ikan nanti, kedepan bisa membantu masyarakat untuk terus mengkonsumsi ikan serta bisa memproduktifkan peranan embung tidak hanya sebagai pengairan, namun juga sebagai lahan produktif untuk mengelola ikan. [bas]

Tags: