Dapat Bantuan APBN, Warga Miskin Bondowoso Nikmati Listrik

PJ Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bondowoso Drs H Agung Tri Handono SH MM. (Samsul Tahar/Bhirawa)

Bondowoso, Bhirawa
Pemkab Bondowoso mendapatkan bantuan APBN untuk pemenuhan kebutuhan aliran listrik bagi warga miskin di wilayahnya.
Sampai saat ini masih banyak warga Bondowoso yang belum memnikmati aliran listrik. Faktor kemiskinan menjadi penyebab yang paling dominan, banyak masyarakat di Kabupaten Bondowoso tidak dapat menikmati aliran listrik.Sehingga berbagai upaya terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Bondowoso untuk memenuhi kebutuhan dasar rakyatnya.
“Kemudian, jaringan listrik yang belum bisa mengakses titik-titik tempat tinggal masyarakat,” ungkap Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bondowoso, Agung Tri Handono, kemarin.
Dijelaskan pria yang juga masih menjabat sebagai Asisten I Pemkab Bondowoso ini, sebanyak 46 ribu rumah tangga yang belum bisa menikmati aliran listrik. Rumah tangga tersebut tersebar diseluruh wilayah Kecamatan di Kabupaten yang dikenal sebagai penghasil kopi ini.
Lebih lanjut, Agung Tri Handono menyebutkan, sebanyak 27.700 rumah tangga di Kabupaten Bondowoso yang belum teraliri listrik, mendapatkan angin segar karena ada bantuan pemasangan listrik dari APBN yang ditambah APBD setempat.
Diantaranya, 26.000 berasal dari APBN dan 1700 rumah tangga mendapatkan bantuan dan berasal dari APBD. Sedangkan, sisanya direncanakan pada tahun 2020 mendatang.
“Kemarin pak Wabup bersama saya ke Jakarta berusaha untuk mencari sisanya. Tapi masih dijanjikan oleh direktorat energi. Nanti itu yang akan diintervensi pada tahun berikutnya,” tuturnya.
Agar bantuan pemasangan listrik gratis ini dapat tepat sasaran, ditegaskan Agung, nantinya pihaknya akan merujuk pada Basis Data Terpadu (BDT).
“Data tersebut sudah diberikan kepada bagian perekonomian, kemarin langsung diverifikasi lapangan. Jumlahnya tidak jauh beda, sekitar 26.000 itu. Yang 26 ribu digarap tahun ini. Ketika namanya sudah ada langsung ditangani PLN,” pungkasnya. [Har]

Tags: