Danrem 083/BDJ Malang: Tingkatkan Sinergisitas dengan Ponpes

Danrem 083/BDJ Malang Kolonel (Inf) Zainuddin (kanan), saat disambut Pengasuh Ponpes An-Nur 1 Bululawang, Desa Bululawang, Kabupaten Malang KH Ahmad Fahrur Rozi (kiri), di Ponpes An-Nur 1 setempat

Kab Malang, Bhirawa
Komandan Korem (Danrem) 083/Baladhika Jaya (BDJ)Malang Kolonel (Inf) Zainuddin, telah menjalin silaturahmi dengan ulama di wilayah Kabupaten Malang. Hal ini dilakukan, agar terjalin sinergisitas antara TNI/Polri, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopinda), para ulama, dan masyarakat yang lainnya.
Sehingga Danrem 083/Baladhika Jaya sebagai pejabat baru telah mengawali silaturahmi ke Pondok Pesantren (Ponpes) An-Nur 1 Bululawang, Desa Bululawang, Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang. Dan kunjungannya tersebut langsung ditemui Pengasuh Ponpes An-Nur 1 Bululawang KH Ahmad Fahrur Rozi.  Selain itu, ratusan santri- santriwati juga menyambut kedatangan Danrem.
Danrem 083/BDJ Malang Kolonel (Inf) Zainuddin, Rabu (21/8), kepada wartawan mengatakan, selain bersilaturahmi ke Ponpes An-Nur 1 Bululawang, dirinya juga memberikan pemahaman wawasan kebangsaan, yang mana saat ini sangat diperlukan sebagai upaya pertahanan keamanan dalam negeri, serta menjaga persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). “Kami juga menekankan kepada santri agar untuk hidup dalam bermasyarakat, dan perlu menjunjung tinggi nilai-nilai dalam pendidikan budaya dan karakter bangsa Indonesia,” paparnya.
Dia melanjutkan, dengan menjungjung tinggi nilai-nilai tersebut, maka bisa dijadikan dasar dalam pemberian makna suatu konsep, yang dalam artian mendekatkan komunikasi dengan masyarakat. Untuk itu, santri diharapkan bisa mengembangkan nilai-nilai religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, dan cinta damai.
“Santri hasuslah bisa mengamalkan karakter budaya bangsa dalam bentuk perilaku dalam bermasyarakat agar dapat lebih menghargai sesama dan menghapuskan sikap intoleransi antar umat beragama,” tegas Zainuddin.
Sementara itu, Pengasuh Ponpes An-Nur 1 Bululawang, KH Ahmad Fahrur  Rozi atau biasa dipanggil Gus Fahrur Rozi juga menyampaikan, terima kasih dan apresiasi terhadap kunjungan dan silaturahmi Danrem 083/BDJ Malang. Sehingga dengan kunjungannya ini bisa terjalin silaturahmi anatara TNI dan ulama. Selain itu, apa yang disampaikan Danrem terkait nilai-nilai kebangsaan, maka hal ini bisa memberikan motivasi para santri, agar tetap selalu menjaga keutuhan NKRI.
“Karena pada masa sekarang ini, bangsa ini telah diganggu oleh kelompok-kelompok radikal, yang ingin mengacaukan situasi agar bangsa ini tidak aman. Sehingga dengan Danrem memberikan motivasi kepada santri, maka para santri akan lebih bijak dalam menyikapi segala informasi yang diperolehnya,” tuturnya. [cyn]

Tags: