Cuaca Buruk, Lokasi Penanjakan Bromo Pasuruan Ditutup

Wisatawan saat berselfie berlatar Gunung Bromo di Penanjakan Gunung Bromo di Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan. Karena cuaca buruk, lokasi penanjakan Gunung Bromo ditutup untuk wisatawan.

Pasuruan, Bhirawa
Penanjakan Gunung Bromo di Kec Tosari, Kab Pasuruan, ditutup bagi wisatawan. Itu karena sepekan terakhir ini, kondisi cuaca tak menentu.
Kepala Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) melalui seksi wilayah satu, Sarmin, menyampaikan alasan ditutupnya lokasi penanjakan Gunung Bromo selama sebulan ini, untuk keamanan wisatawan. Pasalnya, cuacanya kurang bersahabat.
”Terhitung mulai Januari 2018 ini, penanjakan Gunung Bromo kami tutup. Karena cuacanya belum membaik. Ini juga demi keamanan wisatawan,” papar Sarmin, Kamis (18/1).
Menurut Sarmin, lokasi yang paling indah untuk menyaksikan sunrise dan Gunung Bromo akan dibuka kembali pada awal bulan depan. ”Akan kami buka awal Februari ini, tapi dengan catatan cuacanya membaik,” tandas Sarmin.
Tentu saja, ditutupnya lokasi penanjakan Gunung Bromo selama sebulan ini menambah lama waktu penutupan. Lantaran sebelumnya, selama tiga bulan mulai Oktober hingga Desember 2017 penanjakan Gunung Bromo juga ditutup. Penutupan sebelumnya dikarenakan ada perbaikan sarana prasarana di area bukit penanjakan Gunung Bromo.
”Apabila sudah dibuka kembali, kami berharap kepada semua wisatawan untuk menjaga kebersihan lingkungan diarea wisata penanjakan Gunung Bromo. Selama ini, sebagian besar wisatawan buang sampah disembarang tempat. Makanya agar saling menjaga, sebab tempat wisata ini akan dinikmati semua wisatawan,” imbuhnya. [hil]

Tags: