Cegah Stunting, Arumi Ajak Orangtua Optimalkan Protein untuk Anak

Ketua TP PKK Jatim Arumi Bachsin saat menghadiri Sosialisasi Protein Asal Hewani: Susu Daging Telur dan Ikan (SDTI) di Diamond Room Grand City Convex Surabaya, Rabu (3/7).

Pemprov Jatim, Bhirawa
Protein merupakan salah satu nutrisi yang berperan penting dalam masa tumbuh kembang anak. Selain membantu proses pertumbuhan, protein mampu mengganti jaringan sel tubuh yang rusak, memperkuat sistem kekebalan tubuh, serta membentuk struktur tulang, gigi dan rambut.
Untuk itu, Ketua TP PKK Provinsi Jatim, Arumi Bachsin Emil Dardak mendorong para orang tua terutama para ibu memberikan makanan yang mengandung protein bagi anak-anak di masa pertumbuhannya.
“Protein ini bisa didapat dari jenis makanan seperti susu, daging, telur dan ikan. Makanan ini sebenarnya sangat disukai anak-anak, tinggal bagaimana kita mengolah makanan tersebut supaya anak-anak suka dan tidak bosan,” kata Arumi saat acara Sosialisasi Protein Asal Hewani: Susu Daging Telur dan Ikan (SDTI) di Diamond Room Grand City Convex Surabaya, Rabu (3/7).
Kandungan protein ini, lanjut Arumi, juga bermanfaat dalam mencegah stunting. Dimana salah satu penyebab stunting adalah kurangnya gizi sejak masa pertumbuhan yang dimulai sejak anak dalam masa kandungan hingga usia dua tahun (1.000 hari pertama kelahiran).
“Ini juga selaras dengan upaya yang dilakukan Pemprov Jatim dan TP PKK Provinsi Jatim dalam mencegah stunting, karena pencegahan dan penanggulangan stunting harus dimulai secara tepat dan dengan gizi yang baik,” katanya.
Menurutnya, pemberian makanan yang mengandung protein ini juga menjadi upaya dalam pemenuhan gizi yang tepat bagi keluarga. Ia meyakini, setiap keluarga dalam hal ini ibu pasti ingin memberikan gizi terbaik bagi anak-anaknya.
“Disinilah peran penting keluarga dalam hal ini ibu, karena asupan makanan sehari-hari diperoleh anak adalah dari rumah,” jelas istri Wakil Gubernur Jatim ini.
Arumi berharap, dengan rutin mengkonsumsi makanan yang mengandung protein, maka akan terwujud generasi penerus bangsa yang cerdas dan sehat.
“Jadi sosialisasi semacam ini penting terutama bagi ibu-ibu karena mereka garda terdepan dalam menjaga tumbuh kembang anak,” pungkasnya.
Acara sosialisasi dengan tema ‘Peran Hebat Protein Hewani Dalam Mengatasi Stunting’ ini diselenggarakan oleh PT. Napindo Media Ashatama dan menjadi rangkaian dari kegiatan Indo Livestock Expo & Forum 2019. Turut hadir dalam acara ini Kepala Dinas Peternakan Provinsi Jatim, Wemmy Niamawati. [tam]

Tags: