Cegah Kriminalitas Toko Emas, Polres Situbondo Intensif Patroli

Sejumlah personil polisi Polres Situbondo menjaga ketat kawasan toko emas dikompleks pasar induk Mimbaan Kecamatan Panji, Selasa (18/6). :[sawawi/bhirawa]

Situbondo, Bhirawa
Untuk mengantisipasi terjadinya gangguan kamtibmas dan kriminalitas, Polres Situbondo mulai kembali intensif mengadakan patroli Sabhara di lokasi kawasan pertokoan emas di Pasar Induk Mimbaan Kecamatan Panji Situbondo, Selasa (18/6).
Patroli dipimpin langsung Kabag Ops Kompol Hermanto bersama Kanit Patroli IPTU Parkan dan sejumlah personel Sabhara Polres Situbondo.
Tim gabungan ini dengan bersenjata lengkap berkeliling di pertokoan emas yang ada di lokasi Pasar Mimbaan Kecamatan Panji Situbondo. Ini dilakukan dalam rangka untuk memantau situasi kamtibmas di wilayah hukum Situbondo.
Dalam patroli tersebut, Kabag Ops menghimbau kepada para pemilik toko untuk selalu memperhatikan keamanan dengan memasang teralis besi di sekitar etalase emas.
Ini penting, kata Kompol Hermanto, karena untuk meminimalisir ataupun memperlambat para pelaku kejahatan dalam melakukan aksi pencurian.
“Langkah kedua setidaknya setiap toko emas juga memasang alat CCTV sehingga para pelaku aksi kriminilitas bisa cepat dideteksi polisi,” papar Hermanto.
Selain itu, lanjut Hermanto, ia juga menginformasikan kepada masyarakat Kota Santri jika melihat hal-hal yang mencurigakan agar segera menghubungi nomor telepon yang tersedia atau bisa menghubungi Command Center Polres Situbondo (081331556110).
Ini perlu dilakukan, urainya, tidak lain untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi seluruh masyarakat Situbondo, terutama warga yang sedang bertransaksi jual beli emas.
“Kami ingin memberikan pelayanan dengan mengadakan patroli dan pengamanan sehingga situasi tetap aman dan kondusif ” kata Kompol Hermanto.
Salah satu pemilik toko emas di Kabupaten Situbondo, Dewi, mengaku sangat mengapresiasi langkah antisipasi yang dilakukan pihak kepolisian Situbondo, kemarin.
Dengan adanya penjagaan ketat dari personil polisi, akunya, para warga yang ingin bertransaksi di toko emas bisa merasa aman. “Ini (penjagaan ketat personil polisi, red) sangat mendukung bagi keamanan dan kenyaman warga dalam melakukan jual beli emas di pasar Situbondo,” pungkas Dewi. [awi]

Tags: