Bupati Situbondo Imbau Semua Kepala OPD dan ASN Ikut Naikkan PAD

Bupati Situbondo Dadang Wigiarto bersama Wabup Yoyok Mulyadi dan Sekda Syaifullah saat memimpin kegiatan sholawat nariyah di lantai II Pemkab Situbondo, Jumat (6/9). [sawawi/bhirawa]

Pemkab Situbondo, Bhirawa
Sudah lama Pemkab Situbondo melalui Bupati Dadang Wigiarto SH dan Wabup Yoyok Mulyadi Msi serta Sekretaris Daerah Kabupaten Situbondo Syaifullah MM mengadakan kegiatan religius dengan berbentuk pengajian dan dzikir solawat nariyah (sonar).
Bahkan Situbondo yang masuk daerah pantura Jawa Timur itu sudah mengikrarkan diri sebagai Kota Bumi Salawat Nariyah. Untuk membumikan salawat nariyah dikalangan aparatur negara Bupati selalu mengajak seluruh ASN yang ada di lingkungan Pemkab Situbondo rutin membaca salawat nariyah satu bulan sekali.
Ditengah pengajian dan dzikir tersebut, bupati dua periode itu mengajak Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan semua ASN yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Situbondo untuk ikut mengoptimalkan kinerja sehingga PAD Kabupaten Situbondo meningkat.
Ajakan ini penting, lanjut Bupati Dadang, karena bertepatan dengan kegiatan peningkatan nilai budaya religius berupa pengajian dan sholawat Nariyah di Pemkab Situbondo. “Saya perlu mengajak bersama untuk mewujudkan ini,” tegas mantan advokat itu.
Saat ini, lanjut Bupati Dadang, Pemkab Situbondo sudah terlepas dari predikat salah satu daerah tertinggal di Jatim. Agar kedepan Kabupaten Situbondo semakin maju, ujar Bupati Dadang, maka harus dibarengi dengan peningkatan PAD.
“Agar PAD bisa meningkat, saya sering melakukan monitoring melalui CCTV yang telah di pasang di restoran yang ada di kawasan wisata Bahari Pasir Putih. Harapannya pajak dibayar sesuai dengan ketentuan,” terang Bupati Dadang.
Lebih detail Bupati Dadang meminta kepada petugas pemungut pajak hotel dan restoran untuk menarik biaya sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Agar ada realisasi, Bupati Dadang berencana meminta laporan progres petugas tersebut pekan depan. Bupati Dadang memahami setiap kebijakan yang tersistem dan terstruktur harus didahului oleh perencanaan yang matang sehingga hasilnya tepat sasaran.
“Saat kita melakukan upaya pembenahan juga harus dibarengi dengan niatan yang baik demi tercapai peningkatan PAD yang maksimal,” kupas Bupati Dadang.
Lebih jauh Bupati Dadang ingin semua target peningkatan PAD tersebut bisa sesuai dengan target. Bahkan, tandas Bupati Dadang, untuk mewujudkan semua itu bukan sesuatu yang mustahil, jika semua ASN mau bekerja keras dalam meningkatkan PAD.
Bupati Dadang lalu mencontohkan, adanya aset-aset pemerintah yang kini banyak dikuasai oleh pihak lain harus segera ditagih karena hal itu merupakan bagian dari strategi Pemkab Situbondo untuk bisa keluar dari status daerah tertinggal.
“Saya bersama Wabup juga meminta kepada semua ASN yang sudah dievaluasi agar terus meningkatkan kinerjanya sehingga hasilnya bisa lebih baik,” pungkas Bupati Dadang. [awi]

Tags: