Bupati Sidoarjo Minta Santri Bebas Narkoba

Saiful Ilah. alikus/bhirawa

Pemkab Sidoarjo, Bhirawa
Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah, mengharap santri zaman now atau santri zaman sekarang punya peran nyata dalam membantu pembangunan bagi daerah.
Bila dulu para Santri ikut berjuang melawan penjajah kolonial, tapi saat ini santri harus ikut membantu serta mensukseskan pembangunan. Demikian ditekankan Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah, saat menjadi Inspektur upacara dalam peringatan Hari Santri Nasional (HSN) ke-4 tahun 2019, yang digelar di alun-alun Sidoarjo, Selasa (22/10) kemarin.
Yang bisa dilakukan santri saat ini, menurut Bupati Saiful Ilah, santri bisa berjuang melawan bahaya Narkoba. Jangan sampai malah terjerumus menjadi pemakai.
Apalagi saat ini negara Indonesia sedang dalam kondisi darurat Narkoba. Karena menurut data dari BNN Pusat, dalam sehari tercatat ada sampai 50 orang pencandu Narkoba yang mati karena over dosis.
“Narkoba musuh kita bersama. Karena itu jangan coba-coba memakainya. Meski hanya sekali. Karena pasti akan ketagihan,” ucapnya tegas.
Dalam kesempatan beda, disampaikan Kepala BNNK Sidoarjo, AKBP Tony Sugiyanto, para santri di Kabupaten Sidoarjo dimungkinkan saja ada yang sampai coba-coba pakai Narkoba.
Hal tersebut bisa terjadi apabila pengawasan di pondok pesantren atau sekolah dirasa kurang maksimal. Sebagaimana data yang telah dilansir oleh Pusdatlin BNN RI tahun 2018 lalu, tentang peringkat sekolah yang telah disusupi bahaya Narkoba. Peringkat pertama sekolah swasta, peringkat kedua sekolah agama dan peringkat ketiga sekolah negeri.
“Saat ini semua kalangan telah disusupi oleh Narkoba. Sehingga pemakai Narkoba di Indonesia saat ini tidak mengenal status,” katanya.
Tony mengakui sampai saat ini masih hanya 1 sekolah agama plus ponpes di Kabupaten Sidoarjo yang minta dilakukan sosilisasi pencegahan pemberatasan penanggulangan peredaran gelap Narkoba (P4GN).
Kabupaten Sidoarjo memang tergolong Kota Santri. Karena jumlah Ponpes nya ada di tiap kecamatan yang ada atau 18 kecamatan di Kabupaten Sidoarjo. [kus]

Tags: