Bupati Sidoarjo Ajak Santri Bangun Kepedulian Lingkungan

Bupati, Wakil Bupati, Ketua Dewan, Kapolresta Sidoarjo sedang melepas pawai HSN, kemarin. [achmad suprayogi/bhirawa]

Pemkab Sidoarjo, Bhirawa
Bupati Sidoarjo mengajak para santri untuk membangun kepedulian kepada lingkungan, utamanya lingkungan sekitar yang terdekat.
Ajakan itu disampaikan Bupati Sidoarjo Saiful Ilah dalam acara melepas pawai santri dalam memeriahkan peringatan Hari Santri Nasional (HSN) di Alun-alun Sidoarjo, Minggu (20/10) pagi.
Mereka adalah ribuan peserta Pawai Santri Nusantara meriahkan HSN tahun 2019. Mereka terdiri dari para santri pondok pesantren, juga Ansor, Banser serta Muslimat dan Fatayat NU se Kabupaten Sidoarjo.
Ada juga, barisan Polisi dan Polwan Polresta Sidoarjo ikut menjadi bagian dari peserta pawai. Rute yang ditempuh dari paseban Alun-alun berjalan ke jalan A. Yani, jalan Gajah Mada menuju jalan Sisingamangaraja berlanjut ke jalan Diponegoro, jalan Teuku Umar dan kembali ke paseban Alun-alun.
Bupati Sidoarjo Saiful Ilah mengatakan kegiatan Pawai Santri Nusantara merupakan wujud peran serta dan komitmen umat Muslim Kabupaten Sidoarjo dalam pembangunan. Dengan semangat ke bhinekaan dan gotong royong, kami mengajak masyarakat Sidoarjo ikut bersama-sama dalam pembangunan.
Kontribusi yang nyata sesuai dengan tugas dan fungsinya diharapkan dapat dilakukan masyarakat Sidoarjo. “Saya mengajak kepada seluruh masyarakat Sidoarjo dan seluruh santri yang hadir untuk membangun kepedulian terhadap persoalan bangsa dan lingkungan sekitar kita,” ajak Saiful Ilah yang didampingi Wakilnya Nur Ahmad Syaifuddin.
Ia juga berpesan untuk terus meningkatkan kualitas diri serta ilmu pengetahuan di era sekarang. “Mari memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa demi NKRI yang makmur dan sejahteran juga menjadi kewajiban bersama untuk terus ditingkatkan,” pesannya.
Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Zain Dwi Nugroho mengatakan Polresta Sidoarjo ikut mendukung kegiatan seperti ini. Pleton Al-Banjari dan Asmaul Husna diterjunkan untuk mengikuti pawai santri nusantara kali ini. “Pagi hari ini kita juga mengeluarkan pleton Al-Banjari dan pleton Asmaul Husna untuk menunjukkan Polri juga termasuk santri juga,”ucapnya.
Sedangkan, Ketua Panitia Pawai Santri Nusantara Roni Yudianto mengatakan lebih dari 50 ribu peserta yang ikut pawai kali ini. Kegiatan tersebut merupakan puncak rangkaian kegiatan peringatan Hari Santri Nasional.
Rangkaian kegiatan hari Santri Nasional sudah dimulai tanggal 16 Oktober kemarin. Puncaknya kegiatan Pawai Santri Nusantara kali ini dan akan diakhiri dengan upacara tanggal 22 Oktober 2019.
“Mudah-mudahan pawai santri nusantara ini menjadi pelajaran bagi kita semua betapa besar pengorbanan para kyai, para santri dalam mempertahankan keutuhan NKRI,” ucapnya. [ach]

Tags: