Bupati Serahkan 12 Ton Beras Korban Bencana

Usai menyerahkan bantuan beras kepada korban bencana alam, Bupati Madiun, Muhtarom, S.Sos bersama romboingan meninjau pembuatan jembatan darura di Dusun. Seprahu Desa Segulung, Senin (30/3).sudarno/bhirawa

Usai menyerahkan bantuan beras kepada korban bencana alam, Bupati Madiun, Muhtarom, S.Sos bersama romboingan meninjau pembuatan jembatan darura di Dusun. Seprahu Desa Segulung, Senin (30/3).sudarno/bhirawa

Kab. Madiun, Bhirawa
Untuk meringankan beban masyarakat korban bencana alam banjir bandang dan tanah longsor yang terjadi di wilayah Kecamatan Dagangan Kab Madiun beberapa waktu yang lalu, Bupati Madiun H. Muhtarom, S.Sos di Balai Desa Joho Kec. Dolopo, Senin (30/3) menyerahkan bantuan beras 12 ton  (12.000 Kg) beras untuk 400 Kepala Keluarga (KK) atau 30 Kg/KK dari 8 desa diwilayah Kecamatan Dagangan.
Delapan desa terdiri Desa Segulung sebnayk 75 KK, Desa. Padas sebanyak 25 KK, Desa.Ngranget sebanyak 10 KK, Desa Mendak sebanyak 60 KK, Desa Tileng sebanyak 50KK,Desa. Ketandan sebanyak 50 KK, Desa Joho sebanyak 80 KK dan Desa Dagangan sebanyak 50 KK.
Dalam sambutannya Bupati Madiun H. Muhtarom, S.Sos mengatakan, dalam upaya penanggulangan bencana ada tiga tahapan yang harus perhatikan. Pertama, Tahap Pra Bencana. Kedua, Tahap Tanggap Darurat.
Ketiga, Tahap Pasca Bencana. Pada Tahap Pasca bencana seperti yang terjadi diwilayah Kec. Dagangan pada saat ini Bupati Muhtarom, menghimbau agar masyarakat Dagangan terutama yang tinggal di lereng Gunung Willis agar mau dan tlaten menaman pohon tegakkan yang akarnya kuat mengikat tanah.
Apabila membangun rumah, kata bupati Muhtarom, hendaknya tidak mengepras lereng gunung yang memang sudah rapuh perekatnya. Juga senantiasa memperbaiki dan merawat kondisi terasiring yang ada pada. Tidak memanfaatkan lahan pegunungan untuk menanam tamanan yang membutuhkan pengairan banyak serta perlu pemupuknan seperti tanaman padi dan sejenisnya sehingga tanah menjadi gembur dan mudah longsor.
“Dan yang tidak kalah pentingnya adalah hendaknya kita menjaga/melindungi hutan lindung yang sudah ditetapkan oleh pemerintah agar tidak sampau gundul dan membahayakan pemukiman kita tinggal,” papar bupati mengimbau.
Menurut Bupati Muhtarom, terkait dengan bantuan beras yang jumlahnya tidak begitu banyak yang diserahkan saat ini, diharapkan agar bantuan diterima dengan ikhlas untuk kepentingan sehari-hari. Bantuan ini merupakan bentuk kepedulian Pemerintah kepada para korban bencana alam diwilayah Kec. Dagangan.
Usai menyerahkan bantuan, Bupati Madiun H. Muhtarom bersama rombongan juga berkenan meninjau pembangunan kembali jembatan di Dusun. Blerong Desa Joho dan pembangunan jembatan darurat di Dusun. Seprahu Desa Segulung. [dar]

Tags: