Bupati Sampang Harap Semua Program Bersinergis di Musrenbang

Musrembangcam Torjun, Kabupaten Sampang

Sampang, Bhirawa
Bupati Sampang H. Slamet Junaidi saat membuka pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan (Musrembangcam), Kecamatan Torjun, Kabupaten Sampang menyatakan semua program khususnya pembangunan bisa sinergis mulai dari tingkat Desa, hingga organisasi perangkat daerah (OPD).
Bupati Sampang, H. Slamet Junaidi menjelaskan acara musrembangcam ini menjadi momentum yang tepat untuk melakukan penajaman, penyelarasan, klarifikasi, dan kesepakatan usulan rencana kegiatan desa dengan program yang ada di Kecamatan.
“Di kegiatan ini, usulan dari Kepala Desa kita integrasikan dengan prioritas pembangunan di wilayah Kecamatan menuju Sampang Hebat dan Bermartabat,” papar H. Idi saat membuka acara Musrenbang Kecamatan, di Pendopo Kecamatan Torjun, Kamis (14/02).
H. Idi sapaan akrab Bupati Sampang mengungkapkan bahwa Musrenbang Kecamatan merupakan bagian penting dalam proses perencanaan pembangunan yang melibatkan masyarakat yang lebih luas sebab Musrenbangcam menjadi media pemerintah untuk melibatkan partisipasi masyarakat.
“Pelibatan masyarakat dalam pembangunan sudah tentu mutlak adanya, disamping merangkul keikutsertaan masyarakat itu sendiri, partisipasi yang diberikan secara tidak langsung memberi peningkatan kapasitas program yang dijalankan, maupun bagi masyarakat itu sendiri,” terangnya.
Apalagi kebijakan perencanaan untuk tahun 2020 ini, kata H. Idi Pemerintah Kabupaten Sampang telah mengalokasikan Pagu Indikatif Kewiilayahan (PIK) khusus Kecamatan Torjun naik yang awalnya 1,3 miliar menjadi sebesar Rp. 2,7 miliar.
“Jadi alokasi pagu wilayah untuk Torjun dari Rp. 1,3 miliar meningkat hampir 90% sehingga kita patut bersyukur atas perhatian pemerintah yang cukup besar kepada masyarakat Torjun,” ujarnya.
Plt Camat Torjun, Lutfi Maliki SH, MM menerangkan kegiatan Musrenbangcam ini sebenarnya membahas dan menyepakati apa yang telah dibahas ditingkat desa dang mengkajinya untuk bisa diteruskan pada Musrenbang Kabupaten.
“Sebelumnya Musrenbang tingkat Desa sudah dilaksanakan pada tanggal 12-20 September 2018 di kantor kepala Desa dan Pra Musrenbangcam yang dilakukan pada 12 Januari 2019 di Kantor Kecamatan Torjun,” terangnya.
Sementara itu, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Pemilihan (Dalil) 1, Aulia Rahman mengharapkan agar para Kepala OPD teknis yang hadir pada musrenbang kecamatan ini dapat segera menyerap usulan dari masyarakat kedalam pagu sektoralnya.
Sebab nantinya usulan-usulan yang lahir di musrenbang Desa dan Kecamatan ini tidak semua dapat diakomodir pada pagu wilayah.
“Karena kita inginkan alokasi pagu wilayah dititikberatkan untuk mengakomodir kebutuhan dalam hal pemberdayaan masyarakat sebab langsung menyentuh masyarakat dan usulan yang berkaitan dengan kebutuhan warga dibidang infrastruktur sebaiknya diakomodir,” tandasnya.
Pada kegiatan musrembang ditingkat Kecamatan ini dihadiri oleh Bupati Sampang H. Slamet Junaidi, Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat, Sekda Sampang Putut Budhi Santoso, Forkopimcam Torjun, Jajaran OPD Kabupaten Sampang, anggota DPRD Sampang Dapil 1, beserta Kepala Desa se-Torjun. [adv.lis]

Tags: