Bupati Sambari Halim Sidak Kantor Perizinan Pemkab Gresik

Bupati Sambari saat melakukan Sidak ke Kantor DPM – PTSP. [kerin ikanto/bhirawa]

Gresik, Bhirawa
Pelayanan public menjadi fokus perhatian Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto. Menurut penilaianya, masyarakat harus mendapatkan pelayanan prima dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik.
Maka di sela kesibukannya yang cikup padat, orang nomor satu di Pemkab Gresik ini menyempatkan melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke salah satu unit pelayanan perizinan yang berada di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP), Senin (12/8) kemarin.
Pertama, Bupati Sambari melihat daftar hadir masyarakat yang ingin mengurus perizinan di kantor itu. Melihat daftar hadir jumlahnya hanya sedikit, Bupati Sambari lantas menanyakan kepada petugas yang berjaga di recepcionist. ”Ini kenapa kok sampai jam 10.00 WIB belum terisi daftar hadirnya. Padahal, saya lihat sudah banyak masyarakat yang antre?,” tanya Bupati kepada petugas.
Spontan seorang petugas menjawab bahwa masyarakat yang datang tidak sempat mengisi daftar hadir dan langsung diberi kalung antrean. ”Masyarakat yang datang, langsung kami beri kalung antrean Pak Bupati. Sehingga ada yang kelewatan tidak mengisi daftar kehadiran,” ucapnya.
Melihat hal itu, Bupati Sambari ingin agar pengisian daftar hadir harus tetap dilakukan. Sehingga melalui daftar hadir dapat dipantau berapa banyak masyarakat atau pemohon yang datang ke unit pelayanan perizinan. ”Ya jangan hanya di kasih kalung saja toh. Daftar hadir juga harus diisi,” pintanya Sambari.
Selanjutnya, Bupati Sambari yang didampingi Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Mulyanto langsung menuju ruang pelayanan public yang tak jauh dari meja recepcionist. Di sana Bupati Sambari melihat langsung proses kerja dalam penginputan data, untuk pelayanan perizinan di Kabupaten Gresik.
Dikatakan bupati, Sidak ini bertujuan untuk memastikan pelayanan perizinan yang dilakukan di Kantor DPM – PTSP semakin baik dalam hal pelayanan public, terlebih sudah diberlakukannya pelayanan perizinan secara online.
”Saya berharap, apa yang menjadi tugas dan fungsi Aparatur Sipil Negara (ASN) di DPM – PTSP, yakni memberikan pelayanan yang lebih prima, agar proses perizinan bisa dirasakan maysarakat lebih baik dan lebih mudah. Intinya masyarakat merasa nyaman atas pelayanan yang diberikan,” tegasnya.
Terlebih, lanjut Bupati Sambari, pelayanan perizinan yang diberikan saat ini sudah sangat mudah bahkan dalam sehari, proses perizinan dapat dirampungkan, asalkan segala syarat administrasi sudah terpenuhi. [eri]

Tags: