Bupati Nganjuk Desak Percepat Pembangunan Mall Pelayanan Publik

Bupati Novi Rahman Hidayat bersama jajaran yang didukung oleh DPRD serta tokoh masyarakat segera merealisasikan mall pelayanan publik.(ristika/bhirawa)

Nganjuk, Bhirawa
Bukan lagi wacana, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk akan membangun pelayan publik yang terintergrasi dalam satu tempat. Konsep command centre dan mall pelayanan publik atau disingkat MPP akan ditempatkan di komplek perkantoran baru yang berlokasi di Kelurahan Werungotok Kecamatan Nganjuk.
Upaya pelayanan publik yang terintregasi dalam satu komplek perlantoran dilakukan sebagai upaya pelayanan prima kepada masyarakat dan mencegah pungutan liar di birokrasi Pemkab Nganjuk.
Melalui Kepala Bagian (Kabag) Humas Pemkab Nganjuk, Agus Irianto mengatakan pada bulan April 2019 nanti Pemkab Nganjuk meluncurkan program comand center dan MPP.
“Pemerintah akan meluncurkan Command Center dan Mal Pelayanan Publik pada bulan April nanti untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat,” kata Kabag Humas di ruang kerjanya, Rabu (20/3).
Agus Irianto menerangkan, setidaknya ada 34 bentuk pelayanan yang harus dijalankan oleh pemerintah. Namun, untuk tahap awal pelaksanaan akan difasilitasi sebanyak 20 bentuk pelayanan publik. Lima diantaranya, masalah pertanahan (pengurusan sertifikat), perizinan usaha dan lain-lain.
Kemudian catatan sipil, kesehatan dan keagamaan seperti surat nikah, cerai, dan lain sebagainya,kesemuanya akan dilayani dalam MPP.
Perihal peresmian nanti, kata Agus akan dilakukan oleh Bupati Nganjuk, Novi Rahman Hidayat dan bertempat di Taman Pandan Wilis, Kelurahan Warungotok, Kecamatan atau Kabupaten Nganjuk. Bahkan dalan MPP nanti juga bisa memfasilitasi pengurusan BPJS dan berbagai item pelayanan lainnya.
“Mekanisme kerja MPP ditujukan untuk memangkas birokrasi yang rentan pungli, karenanya nanti akan terpampang jelas stop pungli,” lanjut Agus.
Selain diharapkan bisa mempermudah pelayanan kepada masyarakat dengan MPP, pemerintah juga siap menampung kritik, keluhan, saran dan masukan melalui command centre.
masyarakat yang memiliki keluhan bisa langsung melaporkan ke kantor command centre yang rencana akan ditempatkan di lingkungan pendopo Pemkab Nganjuk.(ris)

Tags: