Bupati Maryoto Birowo Lantik Pejabat Hasil Lelang

Bupati Maryoto Birowo menyalami pejabat yang dilantik di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso, Rabu (6/11).

Tulungagung, Bhirawa
Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo, Rabu (6/11), akhirnya melakukan pelantikan terhadap 42 pejabat eselon II, eselon III dan eeselon IV. Termasuk di antaranya tujuh pejabat eselon II hasil seleksi atau lelang terbuka belum lama ini.
“Ada sembilan pejabat eselon II yang dilantik. Kemudian untuk eselon III ada 30 pejabat dan tiga pejabat eselon IV,” ujar Bupati Maryoto Birowo usai melakukan pelantikan di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso.
Ia menepis anggapan pelantikan tujuh pejabat eselon II hasil lelang jabatan tidak sesuai dengan ekspektasi, karena tidak semua peserta lelang jabatan yang berhasil menduduki peringkat pertama dilantik menjadi pejabat eselon II.
“Itu (yang diumumkan pansel) nomer urut. Ada pertimbangan lain. Nilai kompetensi tidak hanya dari hasil pansel (panitia seleksi), tetapi juga disiplin dan penilaian kinerja,” paparnya.
Ada dua jabatan yang dilelang kini dijabat oleh peserta lelang jabatan yang tidak menduduki peringkat pertama. Yakni, jabatan Inspektur dan Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro. Dua peserta lelang peringkat pertama di posisi tersebut, Suyanto dan Galih Nusantoro terpental. Suyanto tetap menjadi Camat Ngantru, sedang Galih yang sebelumnya Camat Sumbergempol kini digeser sebagai Kepala Bagian Humas dan Protokol.
Menurut Bupati Maryoto Birowo, pelantikan pejabat eselon II akan terus berlanjut. Tidak berhenti kemarin saja. Masalahnya, masih ada 12 jabatan eselon II yang kosong. Termasuk jabatan Sekda Tulungagung yang kini masih dijabat Pj Sekda Sukaji.
“Pasti nanti ada pansel lagi untuk pejabat eselon II. Yang kosong untuk jabatan eselon II yang akan dipanselkan lagi itu di antaranya kepala Dispendikpora, Kepala Dinkes, Kepala Bakesbangpol, Asisten I Sekda, Kepala Bapenda dan Kepala Dinas Peternakan,” paparnya.
Sedang untuk Pansel Sekda Tulungagung, Bupati Maryoto Birowo menyebut sudah membuka pendaftaran sejak tanggal 31 Oktober 2019 lalu. Saat ini sudah ada dua pejabat lingkup Pemkab Tulungagung yang izin pada bupati untuk mendaftar, yaitu Sukaji dan Tranggono (Kadiskominfo)
Ada pun tujuh pejabat hasil lelang terbuka yang dilantik Bupati Maryoto Birowo kemarin adalah Tri Hariadi sebagai Asisten III Sekda, Sugiyanto (Staf Ahli Bupati), Suparni (Kepala Dinas Sosial, PKB, PP dan PA), Imroatul Mufidah (Kepala Disperindag), Anang Pristianto (Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan SDA), Slamet Sunarto (Kepala Dinas Koperasi dan UM), serta Samrotul Fuad (Inspektur). [wed]

Tags: