Bupati Lantik 375 Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah dan Penilik

29-htnKabupaten Blitar, Bhirawa
Untuk meningkatkan pelayanan pendidikan serta mengisi kekosongan jabatan Kepala Sekolah di beberapa sekolah se-Kabupaten Blitar, Bupati Blitar, H Herry Noegroho, SE, MH kembali mengambil sumpah dan janji Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah dan Penilik sejumlah 375 orang, di Pendopo Agung Ronggo Hadinegoro, Kamis (25/9) kemarin.
Adapun perincian Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah dan Penilik yang telah dilantik  dengan rincian 347 Kepala Sekolah SD, 10 orang Kepala Sekolah SMP, Pengawas Sekolah sebanyak 16 orang dan penilik Sekolah 1 orang, dimana  sesaui dengan SK Bupati Blitar 820/132/409.205/2014, 820/133/409.205/2014, 820/134/409.205/2014 tanggal 24 September 2014.
Diungkapkan Bupati Blitar, H Herry Noegroho, SE, MH, jabatan Kepala Sekolah  bukanlah sebuah tujuan utama yang harus dicapai oleh seorang guru, namun sebagai Kepala Sekolah merupakan guru yang mendapat tugas tambahan sebagai kepala sekolah. Sehingga pihaknya berharap tugas Kepala Sekolah menjadi amanah.
“Diharapkan pula Kepala Sekolah berakhlak mulia, menjadi teladan akhlak mulia bagi komunitas di Sekolah,” kata H Herry Noegroho, SE, MH.
Lanjut H Herry Noegroho, SE, MH,pihaknya juga mengungkapkan ada lima standart kompetensi Kepala Sekolah, diantaranya kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervise dan kompetensi social, dimana manajerial berarti memimpin sekolah dalam rangka pendayagunaan Sumber Daya Sekolah secara optimal dan mengelola perubahan pengembangan sekolah menuju organisasi pembelajar yang efektif.
“Selain itu Kepala Sekolah juga harus dapat bekerjasamadegan pihak lain untuk kepentingan sekolah dan berpartisipasi dalam kegiatan sosial kemasyarakatan,” ujarnya.
Disisi lain Bupati Blitar juga berpesan kepada orang tua harus mampu membekali anak didik sebagai pemilik masa depan bangsa dengan bekal nilai-nilai luhur, kemampuan dan watak yang berakar pada budaya bangsa.
“Sebab pendidikan yang utama ada di keluarga, sehingga orang tua yang baik dan bisa mendidik anaknya dengan baik insyaalah akan menjadi anak yang baik dan berbakti sehingga bisa membesarkan nama bangsa pada saat belajar di lembaga pendidikan formal,” imbuhnya.
Ditambahkan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar, Drs. Totok Subihandono, selain untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Blitar, pelantikan 375 orang Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah dan Penilik ini untuk mengisi beberapa kekosongan jabatan setelah menunggu kurang lebih 8 bulan. Sehingga adanya kekosongan jabatan ratusan Kepala Sekolah di Kabupaten Blitar bisa terisi.
“Selain untuk penyegaran, mutasi kali ini juga dilaksanakan dalam rangka mengisi kekosongan jabatan Kepala Sekolah, dimana untuk penempatannya sendiri juga disesuaikan dengan kopetensi dari Kepala Sekolah bersangkutan,” terang Drs. Totok Subihandono.
Bahkan pihaknya juga berharap pasca dilantik utamanya Kepala Sekolah bisa cepat beradaptasi dengan tempat tugas yang baru dan sesegera mungkin menjalankan tugas.
“Kami berharap Kepala Sekolah dapat memacu kinerja untuk meningkatkan mutu pelayanan pendidikan di Kabupaten Blitar,” imbuhnya. [htn]

Keterangan Foto : H Herry Noegroho, SE, MH saat melantik 375 orang Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah dan Penilik di di Pendopo Agung Ronggo Hadinegoro, Kamis (25/9) kemarin. [hartono/bhirawa]

Tags: