Bupati Kediri Tinjau Rekapitulasi Pemilu di Basement Simpang Lima Gumul

Kab Kediri, Bhirawa
Bupati Kediri Haryanti Sutrisno meninjau langsung proses rekapitulasi suara Pemilu tingkat Kabupaten di Basement Simpang Lima Gumul. Bersama Bupati hadir pula Kapolres Kediri AKBP Roni F .
Dalam kunjungannya Bupati mengapresiasi kerja keras KPU dalam penghitungan suara tingkat kabupaten ini selama 4 hari. Bupati berharap meskipun harus bekerja keras selama 4 hari para petugas penghitung suara ini tetap terjaga kesehatanya dan tidak ada yang sakit.
“Besok hari terakhir semoga tidak ada yang sakit” harapnya , Rabu (1/5).
Saat disinggung banyaknya petigas yang sakit, Bupati juga berharap adanya evaluasi untuk kedepannya,
” Ini kan pertama kali , kedepanya ada evaluasi agar berjalan dengan baik, untuk pelaksanaannya pun sudah lancar, apalagi polres mengawal terus. Untuk dikediri yang terpenting tidak ada gejolak” kata Bupati.
KPU Kabupaten Kediri menjadwalkan rekapitulasi selama tiga hari, mulai Senin (29/4) hingga 1 Mei 2019, namun ternyata molor hingga 4 hari, Komisioner KPU Kabupaten Kediri Roni Eka Wisnu Wardana mengatakan sudah membagi untuk jadwal rekapitulasi bagi seluruh kecamatan. Total ada 26 kecamatan di kabupaten ini dan diharapkan proses rekapitulasi bisa berjalan lancar dan sesuai dengan jadwal.
“Kami juga tidak bisa memforsir, karena PPK juga ada yang baru kemarin malam selesai. Dan, hari ini rekapitulasi di KPU, jadi kami juga tahu mereka butuh pemulihan,” kata dia.
“Nanti evaluasi baik dari saksi, Bawaslu, jika terus ya terus jika tidak akan dilakukan besoknya lagi. Kami memang ingin cepat, tepat tapi juga benar. Kita juga tahu, pemilu kali ini luar biasa, energi yang diperlukan baik dari KPPS, PPK juga luar biasa,” kata dia.
Terkait dengan keberatan dari saksi, ia mengatakan hingga kini tidak ada. KPU juga sangat mengharapkan setiap kali ada masalah bisa diselesaikan di kecamatan sehingga saat rekapitulasi di KPU semua bisa berjalan dengan lancar.
jumlah DPT di Kabupaten Kediri ditetapkan mencapai 1.200.733 pemilih yang tersebar di 5.511 TPS seluruh wilayah kabupaten. Jumlah ini terdiri dari 602.058 pemilih laki-laki dan 598.675 pemilih perempuan. [Van]

Tags: