Bupati Blitar Lantik Empat Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama

Bupati Blitar Drs H Rijanto MM saat mengambil sumpah dan janji 4 orang Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Pemkab Blitar di Pendopo Ronggo Hadi Negoro, Rabu (27/2) kemarin. [hartono/bhirawa]

(Isi Kekosongan Jabatan OPD Pemkab Blitar)

Pemkab Blitar, Bhirawa
Mengawali program kerja tahun anggaran 2019, Bupati Blitar Drs H Rijanto MM kembali melantik dan mengambil sumpah/janji jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Pemkab Blitar di Pendopo Ronggo Hadi Negoro, Rabu (27/2) kemarin.
Bupati Blitar Drs H Rijanto MM mengatakan di jajaran Pemkab Blitar terdapat kekosongan jabatan untuk jabatan Pimpinan Tinggi Pratama yang sebelumnya merupakan pejabat eselon II, di antaranya Dinas Peternakan dan Pangan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) serta Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda.
“Sehingga hari ini (Selasa kemarin, red) dilakukan mutasi jabatan di OPD yang mengalami kekosongan jabatan karena ada yang sudah masuk usia pensiun,” kata Bupati Rijanto didampingi Wakil Bupati Blitar Marhaenis UW dan Sekretaris Daerah Kabupaten Blitar Totok Subihandono usai melantik empat pejabat eselon II di Pendopo Agung Ronggo Hadinegoro.
Lanjut Bupati Rijanto, ke empat posisi jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Pemkab Blitar tersebut di antaranya drh Adi Andaka sebagai Kepala Dinas Peternakan dan Pangan yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bagian Layanan Pengadaan Setda Pemkab Blitar. Selanjutnya Tavip Wiyono sebagai Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bagian Umum Setda Pemkab Blitar. Suhendro Winarso sebagai Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Pemkab Blitar, serta Tuti Komaryati sebagai Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Pemkab Blitar yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bagian Ekonomi dan Pembangunan Pemkab Blitar.
“Kami berharap usai dilantik semuanya langsung menyesuaikan diri di tempat baru dan bekerja secara maksimal untuk masyarakat Kabupaten Blitar utamanya,” terangnya.
Selain itu dikatakan Bupati Rijanto, para pejabat di lingkup Pemkab Blitar merupakan barisan depan dalam mendukung visi misi Bupati dan Wakil Bupati Blitar. Dia juga berpesan kepada pejabat yang baru dilantik agar segera beradaptasi di posnya yang baru, di mana sebelumnya mereka mengikuti tahapan seleksi terlebih dahulu sebelum ditetapkan.
“Hasil seleksi yang dilakukan Tim Pansel semuanya bagus, tetapi yang terpilih ini merupakan yang terbaik. Harapannya ke depan Kabupaten Blitar semakin sejahtera, maju dan berdaya saing,” jelasnya.
Secara terpisah Kepala Badan Kepegawaian dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Blitar Mashudi mengatakan untuk jabatan yang ditinggalkan para pejabat yang baru dilantik, pihaknya secepatnya akan melakukan mutasi atau bahkan dilakukan promosi jabatan agar segera terisi kembali.
“Terkait hal itu, saat ini masih dalam proses dan penentuan waktunya mengikuti pimpinan,” ujar Mashudi.
Tambah Mashudi, untuk jabatan Direktur RSUD Ngudi Waluyo Wlingi yang hingga kini belum memiliki direktur definitif, menurutnya masih terkendala minimnya pendaftar untuk posisi direktur yang rencananya akan dilantik bersamaan dengan pelantikan empat jabatan Pimpinan Tinggi Pratama.
“Hanya ada dua orang yang daftar, sedangkan sesuai ketentuan seleksi direktur RSUD minimal harus ada empat pendaftar. Sehingga kita tunda dan menunggu pengumuman dan proses lebih lanjut,” pungkasnya. [adv.htn]

Tags: