Bunker Pengintai Peninggalan Tentara Jepang Ditemukan di Konang Trenggalek

Trenggalek,Bhirawa
Sebuah bunker pengintai peninggalan tentara Jepang ditemukan di wilayah pantai Konang kecamatan Panggul. Bunker atau Benteng Pengintai yang di perkirakan peninggalan pada zaman jepang sekitar tahun 1942-hingga menjelang kemerdekaan.
Menurut keterangan dari Kasi Pelestarian Sejarah Tradisi dan Cagar Budaya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Trenggalek, Agus Prasmono, Banker ini jika dilihat dari bentuknya diperkirakan merupakan benteng pengintai. Pembangunannya diperkirakan pada zaman jepang, sebagai pertahanan untuk mengintai musuh.
“Uniknya bunker ini hanya terdapat di beberapa daerah disepanjang pantai selatan, seperti di Trenggalek sendiri, jember selatan dan di banyuwangi selatan,” ucap Agus
Ditambahkan Agus,bunker yang ada di Trenggalek sebenarnya ada dua, namun yang satu telah hilang karena terkena abrasi pantai.
“Banker yang merupakan peninggalan sejarah tersebut telah di amati oleh BPCB trowulan. BPCB trowulan telah melaksanakan identifikasi pada tahun 2017 kemarin, dan sudah masuk sebagai cagar budaya,” terangnya
Masih ada persoalan jika akan ada pengembangan pada Banker sendiri, Agus menjelaskan persoalannya banker ini berada di lahan perhutani, jadi jika banker ini akan di rawat atau di buka untuk wisata sejarah paling tidak harus ada komunikasi dan MOU bersama perhutani.
“Maka dari itu, kedepannya akan dibuat satu kawasan dengan pantai konang sebagai salah satu wisata sejarah,” tuturnya.
Dalam perkiraan Agus, jika di pantai konang ini ada benteng maka di mungkinkan pada zaman dahulu ada perahu yang bersandar di pantai tersebut. Maka bisa jadi pantai konang di panggul terdahulu merupakan dermaga yang besar (wek)

Tags: