BPBD, TNI-Polri, dan Relawan Kota Batu Perbaiki Rumah Warga Terdampak

Tim gabungan dari BPBD, TNI-Polri, dan Relawan terlihat sedang memperbaiki rumah warga dan fasilitas umum yang rusak akibat puting beliung.

Kota Batu,Bhirawa
BPBD Kota Batu memperbarui informasi penanganan bencana angin kencang di Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Mereka juga mulai mendata desa-desa di sekitar Sumber Brantas yang juga terdampak angin puting beliung. Dari hasil pendataan tersebut, BPBD bersama TNI- Polri dan masyarakat langsung melakukan perbaikan terhadap rumah warga dan fasilitas umum yang ikut terdampak.
Kemarin, BPBD melakukan pendataan kerusakan rumah di Desa Tulungrejo dan Desa Sumbergondo, Kecamatan Bumiaji. “Hari ini (25/10), kita melakukan rehabilitasi daerah bencana dengan dibantu TNI-Polri dan relawan sebanyak 400 personel. Fokusnya adalah memperbaiki rumah warga dan fasilitas publik,”ujar Ka BPBD Kota Batu, Sasmito, Jumat (25/10).
Ditambahkan Kabag Humas Polres Batu, Ipda Ivandi bahwa penanganan bencana badai debu tidak hanya dilakukan di Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji saja. Dan Polres Batu menerjunkan 100 personel untuk membantu proses perbaikan yang kemarin dilaksanakan di Dusun Jurangkwali atau di RT.02 RW.06 Desa Sumberbrantas.
“Kita bersama TNI dan para relawan bergotong royong memperbaiki rumah wargaterdampak. Kita lakukan pemasangan genting dan juga memasang tripleks untuk mengganti tembok rumah yang hancur,” ujar Ivandi.
Adapun dari pembaruan data yang dilakukan Jumat (25/10), diketahui bahwa rumah rusak yang ada di Dusun Tegalsari Desa Sumbergondo berjumlah 17 rumah, Dusun Wonorejo Desa Tulungrejo berjumlah 13 rumah, Dusun Kekep Desa Tulungrejo berjumlah 1 rumah, Dusun Junggo Desa Tulungrejo berjumlah 23 rumah, Dusun Gerdu Desa Tulungrejo berjumlah 6 rumah.
Selain itu ada juga kerusakan fasilitas ibadah Pura Luhur Giri Arjuno yang berlokasi di Desa Tulungrejo. “Dari data yang terkumpul ini akan dilakukan pengkajian lagi untuk segera dilakukan penanganan,” pungkas Sasmito.(nas)

Tags: