BKD Serukan Hati-hati Jadi Korban Penipuan CPNS

Ridho Prasetyo. [alikus/bhirawa]

Pemkab Sidoarjo, Bhirawa
Untuk rencana pendaftaran CPNS 2019 yang telah dibuka oleh Kemenpan RB, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Sidoarjo sudah mengirimkan usulannya total sebanyak 825 CPNS.
Dengan rincian, untuk formasi CPNS sebanyak 248 dan untuk formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) sebanyak 577 CPNS. Porsi usulan tersebut sesuai dengan SE Kemenpan RB, kalau 70% harus dari formasi P3K dan 30% dari CPNS.
Kepala BKD Kabupaten Sidoarjo, Ridho Prasetyo SSTP MAP, mengatakan meski usulan sudah dikirimkan kepada Kemenpan RB, namun sampai saat ini belum juga ada respon dari Kemenpan RB.
“Apakah usulan CPNS itu disetujui atau tidak, kita sampai saat ini masih terus menunggu keputusannya, tidak hanya Sidoarjo saja yang masih menunggu, juga Kabupaten/kota lain se Indonesia,” jelas Ridho, Selasa (3/9) kemarin.
Tidak kalah pentingnya, Ridho juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat, khususnya masyarakat Kab Sidoarjo agar hati-hati bila ada pihak-pihak yang menawarkan dan menjanjikan akan bisa memasukkan menjadi CPNS di Kab Sidoarjo.
Selaku pribadi dan lembaga dirinya mengingatkan agar tidak mempercayai. Kalau sampai ada pihak-pihak seperti itu, disarankan supaya melaporkan kepada pihak yang berwajib.
“Jangan percaya dengan janji-janji itu, abaikan saja, malah kalau bisa laporkan saja pada pihak yang berwajib,” mantan Camat Sedati itu. Dirinya sempat menyebut, dalam tahun 2019 ini, ada beberapa pihak yang jadi korban penipuan CPNS itu, sempat mendatangi Kantor BKD Kabupaten Sidoarjo untuk melakukan klarifikasi.
Pelaku informasinya mencatut nama pejabat BKD Sidoarjo terkait. Karena percaya, korban penipuan pun terlanjur mentransfer sejumlah dana yang diminta.
Mengantisipasi peluang penipuan pendaftaran CPNS di Kab Sidoarjo, BKD Sidoarjo Kata Ridho, telah menyebarkan surat edaran (SE) ke semua OPD dan Kecamatan di Kab Sidoarjo, agar waspada dan melaporkan pada pihak yang berwajib, bila tahu ada oknum yang menjanjikan bisa memasukkan dalam pendaftaran CPNS 2019 ini.
“Waspada dan hati-hati dalam pendaftaran CPNS nanti, pihak BKD Sidoarjo tidak pernah narik biaya apapun dalam proses pendaftaran CPNS,” tegas Ridho.
Apakah tahun 2019 ini betul-betul akan dibuka pendaftaran CPNS? Ridho berharap dibuka. Karena pihak Kemenpan RB sendiri beberapa waktu lalu telah membuka pendafatarannya.
Pendaftaran CPNS 2019, kata Ridho, diharapkan akan bisa mengisi kekosongan jabatan di sejumlah OPD di Kab Sidoarjo yang saat ini ada yang masih kosong. Dikarenakan pegawainya ada yang sudah memasuki masa purna tugas ataupun karena meninggal dunia.
Kekosongan jabatan di Pemkab Sidoarjo, kata Ridho, terus diisi secara bertahab. Misalnya pada tahun 2018 lalu, juga membuka pendaftaran CPNS. Quota yang diusulkan tahun itu sebanyak 473 CPNS. Namun yang lolos seleksi tes kemampuan dasar (TKD) dan tes kemampuan bidang (TKB) sebanyak 466 CPNS.
Dalam proses selanjutnya, dari 464 CPNS itu, ada satu CPNS itu yang mundur, juga ada satu yang gagal dalam pemberkasan dari Badan Kepegawaian Negara (BKN). Sehingga akhirnya tinggal hanya 464 CPNS. [kus]

Tags: