Bipa Unesa Gelar Lomba Pidato Indonesia Rumah Kedua Ku

Para pemenang lomba pidato nasional bahasa indonesia yang diselenggarakan BAPI Unesa.

Diharapkan Mahasiswa Asing jadi Duta Bahasa di Asalnya
Surabaya, Bhirawa
“Indonesia Rumah Kedua Ku” jadi tema utama dalam lomba pidato nasional yang diadakan Bahasa Indoensia bagi Penutur Asing (BIPA) Universitas Negeri Surabaya (Unesa).
Sebanyak 35 pesera mahasiswa asing yang tergabung dalam BIPA diseluruh Indonesia mengikuti kegiatan yang digelar di tahun kedua ini. Pengelola BIPA Unesa, Asrori mengungkapkan, kegiatan tersebut diadakan bertepatan dalam menperingati hari pendidikan nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei. Kegiatan tersebut juga dikatakannya sebagai wadah komunikasi bagi mahasiswa BIPA se Indonesia.
“Kegiatan ini juga jadi ajang assement keberhasilan mahasiswa BIPA dalam belajar Indonesia,”kata dia, Kamis (3/5).
Untuk sistem penilainya, pihaknya menuturkan ada ada tujuh criteria yang dinilai. Seperti struktur atau alur pidato, isi, ketepatan tata bahasa, kelancaran, gesture, volum suara dan waktur atau durasi ketika membawakan pidato.
“Kami ingin ketika mereka pulang ke negara masing-masing mereka jadi Duta bahasa Indonesia di negara masing-masing,”kata dia
Dengan demikian, kata dia, pihaknya juga berkesempatan dalam menunjukkan bahwa bangsa Indonesia tidak hanya menjadi milik kita (bangsa pribumi). Akan tetapi, juga bahasa indonesia menjadi milik negara lain. “Karena di luar negeri ini, bahasa Indonesia menjadi mata kuliah pilihan bahkan ada mata kuliah wajib. Kita ingin meng internationalisasikan bahasa indoensia,”harap Asrori. [ina]

Tags: