Biasakan Hidup Sehat Terhindar Dari Virus Hepatitis A

Sutikno

Trenggalek, Bhirawa
Hepatitis A menjadi penyakit yang sempat menular dan mewabah di kabupaten Pacitan, Jawa timur, maka Pemkab Trenggalek melalui Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana ( Dinkesdalduk KB) Kabupaten Trenggalek melakukan berbagai cara untuk memutus penyebaran Virus Hepatitis A .
Sugito Teguh Kepala Dinkesdalduk KB Melalui Sutikno S Sekertaris Dinkesdalduk KB Kabupaten Trenggalek, mengatakan akan terus melakukan penyuluhan di masyarakat yang terdampak melalui team medis dari puskesmas, dengan cara mengajak masyarakat melakukan gaya hidup sehat tentang hygiene perorangan, seperti buang air besar di jamban, cuci tangan pakai sabun dan membiasakan setelah cebok mencuci dengan sabun, mengkonsumsi air minum yang sudah dimasak dan menutupi makanan supaya tidak terinfeksi virus dari serangga.
“Kita melakukan pencegahan dengan cara mengelokalisir supaya Virus Hepatitis A tidak menyebar, mulai dari melakukan penyuluhan di masyarakat melalui petugas medis yang ada di Puskesmas,ini untuk menyelidiki epidemiologi, guna mengetahui faktor resiko dari masyarakat yang beresiko tertular ” kata Sutikno di kantor Dinas Kesehatan. Rabu (3/7)
“Selain itu ia terus memantau keadaan air dengan cara memberikan kaporit ke sumber sumber mata air kepada masyarakat si penderita Hepatitis A” jelasnya .
Sutikno menambahkan Dari data pasien yang terkena virus Hepatitis A mulai Januari sampai akhir juni mencapai kurang lebih 110 orang, akan tetapi ada 6 orang yang masih dalam perawatan yang tersebar di beberapa puskesmas , Ujar Sutikno saat menunjukkan datanya per akhir juni .
Ia menghimbau masyarakat untuk keluarganya yang mengalami gejala penyakit Hepatitis A untuk membawa ke puskesmas maupun rumah sakit terdekat agar segera ditangani .
“Dengan ciri ciri matanya kuning, pucat, lemas ,demam, karena penyakit Hepatitis A yang diserang Hati ” jelasnya.
Pemahaman terhadap masyarakat memang sangat penting, walaupun virus Hepatitis A tersebut yang paling ringan akan tetapi penyebarannya juga cepat.
“Penyembuhan penyakit tersebut akan sembuh dalam jangka dua sampai tiga hari perawatan, akan tetapi untuk memastikan si pasien sembuh dan tidak mengidap virus Hepatitis A pasien harus check laboratorium,”
Kendati demikian mereka harus tetap membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat, dengan cara Germas ( gerakan masyarakat hidup sehat).(wek)

Tags: