Berdayakan Masyarakat, PT Garudafood Ajak Ibu-ibu Berwirausaha

Region Head Garudafood Jawa Timur, Arief Pujianto (tengah) berbincang bersama dengan peserta program Kampung Wirausaha Gresik 2019 di pabrik Garudafood Gresik, Jawa Timur, Rabu (30/10).

Gresik, Bhirawa
Melalui program ‘Kampung Wirausaha Garudafood’, PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk (“GOOD”) telah sukses membina satu desa di area Gresik, Jawa Timur yang berfokus pada pemberdayaan masyarakat dengan melibatkan puluhan ibu-ibu rumah tangga. Kini di tahun 2019 melalui program serupa Garudafood kembali menambah jumlah penerima manfaatnya dengan menyasar dua desa sekaligus untuk area Gresik, Jawa Timur yakni Desa Krikilan dan Legundi.
Region Head Jawa Timur, Arief Pujianto mengungkapkan Garudafood melalui program ini bertujuan untuk membantu menemukenali potensi yang ada dalam masyarakat, menjalin relasi dengan komunitas, membuka peluang usaha, menanamkan semangat kewirausahaan serta mendorong terciptanya masyarakat yang lebih produktif.
“Kami berharap program ini dapat memberikan dampak yang positif bagi ibu-ibu, baik dari segi keuangan maupun pengetahuan. Mereka terbagi ke dalam beberapa kelompok dan diharapkan dapat bersaing secara baik serta kami juga mengharapkan dapat sedikit demi sedikit menumbuhkan karakter kewirausahaan, seperti kreativitas, kemandirian, strategi pemasaran, serta mampu membuat laporan keuangan,” terangnya, Rabu (30/10).
Arief Pujianto menambahkan adapun kriteria penilaian dalam program ini yakni keuntungan kelompok, kekompakan kelompok serta kelengkapan laporan keuangan. Dalam program ini, selain memberikan modal awal dalam bentuk produk, Garudafood Sehati juga memberikan berbagai macam pelatihan seperti pelatihan dasar-dasar pemasaran, pengenalan produk hingga penulisan laporan keuangan sederahana.
Bahkan selama kompetisi, pendampingan dilakukan dalam bentuk focus group discussion sebagai sarana untuk sharing pengalaman dan tips yang dapat digunakan oleh peserta. “Kami berterima kasih kepada Garudafood yang telah mengadakan program ini dan memilih desa kami untuk ikut serta. Program ini bermanfaat sekali dan membantu kami, kami lebih produktif dan mendapatkan penghasilan tambahan. Semoga program ini dapat terus berlanjut dan memberikan dampak bagi ibu rumah tangga lainnya,” ujar Dini pemenang program.
Sementara itu puluhan tampak ibu-ibu Desa Krikilan dan Legundi yang merupakan penerima manfaat dari program Kampung Wirausaha Garudafood 2019 berkumpul mengikuti kegiatan apresiasi atas prestasi dan komitmen dalam menjalankan program yang berjalan selama 6 (enam) bulan dari Maret-September 2019 di pabrik Gresik, Jawa Timur. Perwakilan Garudafood, Arief Pujianto sebagai Region Head Jawa Timur turut hadir memberikan apresiasi dalam acara ini didampingi oleh Yanti sebagai Lurah Desa Krikilan, Gresik.[riq.eri]

Tags: