Belum Serahkan SPj BOS 2018, Ratusan Sekolah Terancam Pemblokiran Rekening

Dr Saiful Rachman MM MPd

Dindik Jatim, Bhirawa
Meski tahap pencairan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) triwulan kedua 2019 segera dilakukan, namun ada ratusan lembaga pendidikan terancam terblokir rekening BOS karena belum merampungkan laporan surat pertanggung jawaban (SPj) triwulan ketiga dan keempat BOS 2018.
Tercatat di Dindik Jatim ratusan lembaga pendidikan tersebut berada di sembilan (9) kabupaten/kota di Jawa Timur. Yang meliputi jenjang SD negeri/swasta, SMP negeri dan swasta, SMA/SMK swasta dan SLB negeri dan swasta.
“Padahal, laporan pertanggungjawaban tersebut harus segera disusun sesuai dengan belanja BOS yang dilakukan oleh masing-masing satuan pendidikan,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan Jatim, Saiful Rachman, Senin(15/4).
Menurut Saiful, ratusan lembaga pendidikan itu belum menyerahkan laporan pertanggungjawaban dana hibah BOS 2018 utamanya LKPJ tri wulan ketiga dan keempat. Nilai dana hibah BOS 2018 yang belum dilaporkan pertanggungjawabanya mencapai Rp. 200 miliar dari total 4,5 triliun.
”Laporan kita tunggu sampai 18 April,”ungkap dia.
Jika melebihi tanggal tersebut, sambung Saiful, akan ada pemblokiran sistem rekening sekolah yang bersangkutan. Meskipun dana BOS Tri wulan lanjutan tetap disalurkan.
Oleh karena itu, pihaknya mengajak daerah baik bupati maupun walikota, serta kepala dinas pendidikan kota dan kepala cabang dinas pendidikan provinsi Jatim untuk turut memantau.
Yaitu bagi satuan pendidikan yang belum merampungkan laporan pertanggungjawaban dana hibah BOS 2018. Baik laporan pertanggungjawaban untuk semester I, (triwulan I dan II), maupun semester II (triwulan III dan IV).
Saiful menuturkan , laporan pertanggungjawaban tersebut harus segera disampaikan kepada Dinas Pendidikan Jawa Timur. Sebab, menjadi tangungjawab provinsi untuk menyalurkan dan menerima laporan pertanggungjawaban. Yang selanjutkan laporan akan diteruskan ke pusat.
”Baik laporan penyaluran yang dilakukan per triwulan ataupun laporan pertanggungjawaban per semester,”katanya.
Sementara itu, Kepala Sub Bagian Keuangan Dindik Jatim, Aminatun menambahkan jika ada ratusan lembaga atau satuan pendidikan yang belum melaporkan pertanggungjawaban dana hibah BOS 2018. Diantaranya untuk jenjang SMA swasta mencapai 140 lembaga.
Sementara untuk jenjang SMK swasta terdapat 71 lembaga yang belum melaporkan pertanggungjawaban dana hibah BOS 2018 untuk semester I. selain itu, ada 263 SMK swasta yang belum melaporkan di semester II.
”Untuk SMA/SMK negeri semuanya sudah tuntas pelaporan SPj nya,”tuturnya.
Dengan demikian, pihaknya mengajak pengelola dana BOS di masing-masing satuan pendidikan untuk segera menyelesaikan kewajiban pelaporan pertanggungjawaban tersebut. ”Ini sebagai bentuk pertanggungjawaban penyaluran dan penggunaan dana Hibah BOS tersebut,”tandasnya. [ina]

Tags: