BBJT Ingatkan Warga Jangan Terkecoh Bahasa yang Salah

Suasana penyuluhan dan pembinaan Bahasa Indonesia yang digelar BBJT di Kaliwatu Kota Batu, Selasa (22/10).

Kota Batu, Bhirawa
Meminimalisir dan mengantisipasi adanya kesalahpahaman di masyarakat akibat beredarnya berita keliru, Balai Bahasa Jawa Timur (BBJT) memberikan pembinaan bahasa. Dan di Kota Batu, BBJT menggandeng pegiat jurnalistik untuk meningkatkan kualitas berbahasa masyarakat di Kota Wisata. Mereka menggelar penyuluhan Bahasa Indonesia yang dilaksanakan di Kaliwatu, Kota Batu, Selasa (22/10).
“Kita menggandeng pegiat jurnalistik karena diharapkan komunitas ini bisa memberikan contoh penggunaan bahasa yang berkualitas melalui medianya,”ujar Kepala BBJT, Drs.Mustakim M.Hum, di sela penyuluhan di Kaliwatu, Selasa (22/10).
Menurutnya, penggunaan bahasa yang berkualitas dan tepat diharapkan bisa memberikan informasi benar kepada masyarakat. Apalagi penggunaan kata yang baik juga bisa memberi pengaruh bahkan menanamkan karakter kepada masyarakat.
Dan BBJT menilai penggunaan bahasa dan pemilihan kata yang digunakan warga, termasuk dalam pemberitaan media massa di wilayah Jawa Timur, dinilai belum memenuhi kaedah kesempurnaan.
“Dan melalui penyuluhan dan pembinaan bahasa hari ini (kemarin), diharapkan penggunaan bahasa yang digunakan dalam penyampaian informasi ke masyarakat tidak ada kekeliruan lagi. Dan hal ini bisa dimulai dengan penggunaan bahasa di media masaa,”tambah Mustakim.
Dan dalam giat penyuluhan ini, pihaknya sengaja mendatangkan ahli bahasa, Prof.Bambang Yuliantor,M.Pd sebagai pemateri. Dan diharapkan, sebanyak 26 peserta yang mengikuti penyuluhan ini bisa menjadi pendidik bahasa di masyarakat. Dan mereka (peserta) bisa menghasilkan tulisan dengan bahasa yang bermutu dan layak menjadi rujukan masyarakat.
Adapun BBJT akan konsisten melakukan pengawasan bahasa melalui tulisan agar tidak ada lagi informasi keliru yang beredar di masyarakat.
“Kalau kita temukan ada tulisan dengan bahasa yang digunakan sifatnya meresahkan masyarakat, maka kami catat. Dan, kepada ybs akan kita berikan penyuluhan melalui giat pembinaan seperti hari ini (kemarin),”pungkas Mustakim.(nas)

Tags: