Bacawabup Ikuti Tes Wawancara di PDIP Jatim

Susilowati

Tulungagung, Bhirawa
Para Bakal Calon Wakil Bupati (Bacawabup) Tulungagung yang mendaftar di PDI Perjuangan, Minggu (15/9), mengikuti tes wawancara atau fit and propert test. Mereka mengikuti tes tersebut di Kantor DPD PDI Perjuangan Jatim.
Ketua DPC PDI Perjuangan Tulungagung, Susilowati SE, pada Bhirawa, Minggu (15/9) siang, mengungkapkan sampai hari terakhir pendaftaran Sabtu (14/9) lalu, ada 11 bacawabup yang mendaftar di PDIP. “Ke-11 pendaftar bacawabup itu ada yang kader PDI Perjuangan ada pula yang bukan kader,” ujarnya.
Para pendaftar Bacawabup Tulungagung ini, lanjut Susilowati, melakukan pendaftaran melalui dua jalur. Yakni jalur DPC PDI Perjuangan Tulungagung dan DPD PDI Perjuangan Jatim.
“Untuk yang DPC PDI Perjuangan Tulungagung ada enam pendaftar. Selebihnya melalui DPD PDI Perjuangan Jatim,” paparnya.
Ada pun pendaftar Bacawabup Tulungagung yang mendaftar melalui DPC PDI Perjuangan Tulungagung masing-masing adalah Sodik Purnomo SPdI, Suharminto SH, Islandri SE MSi, Drs Wiwik Triasmoro W, Gatut Sunu Wibowo dan H Saleh Ismail Mukadar SH.
Sedang yang melalui DPD PDI Perjuangan Jatim, yakni Dr Drs HR Permadi M MSi MPd, Ir Tatang Suhartono MSi, Agus Santoso SH, Dr Bambang Agus Susetyo MM MPd dan Mohamad Soleh.
Dari ke-11 nama tersebut, tiga di antaranya sampai sekarang masih tercatat sebagai ASN. Mereka adalah Tatang Suhartono yang merupakan pejabat Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tulungagung, Agus Santoso (Camat Pucanglaban Kabupaten Tulungagung) dan Bambang AS (Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Jatim/mantan Kepala SMPN 1 Tulungagung).
Susilowati ketika ditanya apakah ke-11 pendaftar tersebut semuanya hadir mengikuti uji kelayakan dan kepatutan di Kantor DPD PDI Perjuangan menyatakan belum bisa memastikannya. Ia beralasan kegiatan tes tersebut masih berlangsung.
“Ditunggu saja dulu info selanjutnya. Apa semua datang ikut fit and propert test,” ucapnya.
Seperti diketahui, dalam mengisi kekosongan jabatan Wakil Bupati Tulungagung sisa masa jabatan periode 2018 – 2023, DPP PDI Perjuangan telah mengintruksikan kepada DPD PDI Perjuangan Jatim dan DPC PDI Perjuangan Tulungagung untuk melakukan penjaringan bacawabup. Nama-nama hasil peenjaringan tersebut nantinya diusulkan kepada DPP PDI Perjuangan hanya tiga orang saja.
Dalam instruksi DPP PDI Perjuangan itu pula disebutkan agar laporan usulan nama-nama bacawabup tersebut sudah diterima DPP PDI Perjuangan selambat-lambatnya satu minggu setelah surat instruksi diterbutkan. Itu artinya tiga nama bacawabup sudah harus terkirim ke DPP PDI Perjuangan pada hari ini, Senin (16/9), karena terbitnya surat yang ditandatangani Sekjen DPP PDI Perjuangan , Hasto Kristiyanto, tertanggal 9 September 2019. [wed]

Tags: