Babinsa Koramil 0815/08 Dawarblandong Bantu Droping Air Bersih

Mojokerto. Bhirawa
Kecamatan Dawarblandong,yàng lokasinya berada di ujung paling barat Kabupaten Mojokerto ini, nampaknya sejak lama belum bisa terlepas dari kekurangan air bersih jika musim kemarau tiba.
Hal ini diakibatkan oleh mininnya sumber air, sehingga Kecamatan ini khususnya pada Desa Singongagrok Dusun Tempuran jika musim kemarau seperti sekarang ini, jika tidak ada pasokan air tangki dari Pemda Kabupaten Mojokerto atau pihak swasta, dapat dipastikan tidak akan bisa mandi dàn cuçi, warganya.
Sebagaimana dikatakan Usman ( 59 th. ) senin 26/8/2019.kejadian kekurangan air bersih untuk minum, mandi dan cuci serta kebutuhan rumah tangga jika musim kemarau memang sudah dirasakannya sejak kecil.penyebabnya memang kondisi tanahnya disini kering, sehingga sumurpun tak mengeluarkan air, meski digalih lebih dari 25 m,
Untuk itu kami berterima kasih kepada BPBD Kabupaten Mojokerto dan PG. Gempol kerep yang telah memberikan bantuan berupa tandon air serta secara bergantian memasok air bersih kepada kami. Jelas usman.
Babinsa Koramil Dawar blandong Serka M.Irfan mengomentari kekurangan air di wilayah tugasnya mengaku, sejumlah satu tangki kapasitas 7.000 liter pasokan air bersih dari PG Gempolkrep bekerjasama dengan Relawan Majapahit Brawijaya (RMB) dan Relawan Guyub Rukun Mojokerto (RGRM), telah didistribusikan bagi warga Dusun Tempuran minggu 25/8 kemarin.
Disamping itu setiap harinya Petugas BPBD Kabupaten Mojokerto dengan menggandeng PDAM. Tirta Dharma juga memasoknya. Bahkan juga sudah lama dibangunkan tandon air. Adapun rinciannya pihak swasta yang berkontribusi yakni PG. Gempol Kerep, telah memasokan air bersih terhitung sudah 3 kali.
pertama, pada Minggu (04/08) lalu, bantuan air bersih sejumlah 4.000 liter untuk tandon di Dusun Tempuran sebanyak 3.300 liter sisanya dibagikan langsung ke warga. Selain itu PG juga membantu satu unit tandon air kapasitas 3.300 liter untuk Dusun Mlati.
Selnjutnya pada Minggu (18/08) lalu, PG juga mendistribusikan 7.000 liter air bersih untuk warga Dusun Tempuran sebanyak 3.500 liter dan untuk Masjid Dusun Tempuran 3.500 liter. Untuk prosesnya dimonitor dan dibantu Babinsa setempat, yakni Koptu Eko Budi Santoso.
Kami dari Koramil Dawarblandong khususnya Babinsa, dipastikan selalu hadir memonitor sekaligus membantu kelancaran proses distribusi air bersih tersebut. Karena membantu mengatasi kesulitan warga sudah menjadi bagian tugas dalam pembinaan wilayah,” ungkap Serka M. Irfan.(MIN) Tampak dalam foto Babinsa Desa setempat ikut membagi air pada jurigen warga, bantuan air bersih dari PG Gempol Kerep. [min]

Tags: