Awalnya Hanya Sambilan, Akhirnya Keterusan

Devi Selvia Ramadhani

Devi Selvia Ramadhani
Mencoba-coba berbisnis, awalnya bagi Devi Selvi Ramadhani ini hanya sekadar kerja sambilan mengisi waku luang disela-sela kuliahnya. Namun siapa sangka, mahasiswi Komunikasi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo ini justru keterusan menekuni usaha bisnisnya.
Ketika ditanya apa yang mendasari pilihan usaha bisnis, mahasiswi yang masih semester dua ini berkisah kalau bekal yang dimiliki hanya bermodal hobi desain dan fotografi.
“Karena saya suka desain makanya saya manfaatkan kemampuan saya tersebut untuk membuat polaroid scrapframe dan mahar,” jelas Devi. Dari semula hanya menekuni foto ala polaroid, kemudian berkembang dengan mencoba untuk berjualan peralatan rumah tangga dan kecantikan seperti, tas make up, botol minum, wajan, dan lain lain.
“Sekarang saya menekuni juga menjual kado scrapframe dan kini belajar terjun ke wedding, namun masih sedikit juga yang sudah saya kerjakan di wedding,” jelas Devi lagi.
Menurut Devi, usaha yang kini ditekuninya tersebut dikerjakan bersama saudara kembarnya Deva Selvia Ramadhanni dengan modal berawal dari kakak pertamanya Aprilia Fitri Ramadhanni.
“Nama DAR –sebagai nama bisnisnya– itu nama yang saya ambil dari nama Devadevi, Aprilia dan R nya diambil dari nama belakang kita yang sama yakni ada Ramadhaninya,” jelasnya.
Selama menjalankan usahanya jelas Devi, dirinya banyak mendapatkan pelajaran yang diyakininya akan bermanfaat bagi masa depannya nanti. Pelajaran tersebut misalnya dengan berbisnis mengajarkan tentang kesabaran, kemudian menjadi lebih berani untuk coba-coba dan tidak takut menghadapi resiko.
“Ada pengalaman berkesan yaitu saat ada customer miskomomunikasi sama saya soal ongkir dan sempat ada cekcok via telpon juga. tapi beberapa menit saya jelasin detail dia merasa malu gitu tapi tidak minta maaf,” ceritanya sambil tertawa. Namun demikian, Devi pun mengakui kalau usahanya juga harus mempertimbangkan waktu kuliah.
“Jadi kalau saya sama saudara kembar saya lagi banyak tugas, kita off-kan dulu beberapa hari untuk olshopnya jika ada yang pesan kita ambil tapi kita COD-kan sekitar 3-5hari kemudian,” jelasnya.
Terkait dengan hasil dari usaha bisnisnya tersebut, Devi mengaku kalau hasilnya digunakan untuk mengembangkan usahanya.
“Hasilnya sebagian saya belikan lensa fix dan flash-nya, buat backdrop dan sebagian lagi saya tabung,” jelasnya lagi. [why]

Tags: