ASN Pemerintah Kota Pasuruan Dilatih Transparan

Wakil Wali Kota Pasuruan, Raharto Teno Prasetyo ST saat membuka pelatihan serta ujian sertifikasi pengadaan barang dan jasa.

Pasuruan, Bhirawa
Pemkot Pasuruan melalui Bagian Layanan Pengadaan (BLP) Sekretariat Daerah melakukan pelatihan pengadaan barang dan jasa.
Wakil Wali Kota Pasuruan, Raharto Teno Prasetyo ST menyampaikan pelatihan untuk dapat meningkatnya kemampuan pegawai dalam bidang pengadaan barang dan jasa. Pasalnya, saat ini pengadaan sudah menggunakan sistem online.
“Kegiatan ini untuk pelayani masyarakat secara efektif dan efisien. Disamping itun pengadaan saat ini menggunakan sistem online,” ujar Raharto Teno Prasetyo ST, Selasa (26/3).
Selain itu, pihaknya juga melakukan kegiatan sertifikasi sebagai salah satu persyaratan seseorang untuk menjadi pelaku pengadaan pada perangkat daerah.
“Sertifikasi dilaksanakan supaya transparan, terbuka dan memperlakukan secara adil bagi semua pihak. Sehingga, hasilnya dapat dipertanggungjawabkan. Baik dari segi fisik, keuangan maupun manfaatnya,” kata Raharto Teno Prasetyo ST.
IAPI Provinsi Jawa Timur, Nonot mengakui dengan adanya pelatihan dan sertifikasi tersebut, ASN yang lulus sertifikasi akan ditempatkan di setiap OPD dalam rangka efisiensi anggaran.
“Pelatihan ini nilainya sangat positif di setiap OPD dalam rangka efisiensi anggaran. Termasuk pula, anggaran bisa transparan,” urai Nonot.
Sebanyak 40 orang dari seluruh perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan hadir diacara tersebut. Kegiatan itu juga bekerja sama dengan Ikatan Ahli Pengadaan Indonesia (IAPI) Jawa Timur. [hil]

Tags: