ASN Kabupaten Sidoarjo Bertanya Kapan Pencairan THR dan Gaji 13

Mendekati hari raya Idul Fitri 2019 ini, mulai banyak ASN Sidoarjo yang menanyakan pencairan THR dan gaji 13. [alikus/bhirawa].

Sidoarjo, Bhirawa
Tim anggaran Pemkab Sidoarjo sudah mulai membahas dalam rapat, terkait pencairan THR ASN  (gaji 14) dan gaji 13, Jum at ( 10/5) akhir pekan lalu, di Setda Sidoarjo.
Karena Peraturan Pemerintah (PP) nomor 36 tahun 2019 tentang gaji 14 ( THR  )  dan PP nomor 35 tahun 2019 tentang gaji 13 tersebut sudah terbit.
“Ya, itu masih dibicarakan,” kata Kasubid Perbendaharaan Dinas Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Kab Sidoarjo, Nurul Izza Ssos, saat dihubungi Minggu (12/5) kemarin.
Untuk kapan pastinya pencairan THR ASN dan gaji 13 di Kab Sidoarjo tersebut, Nurul Izza, mengaku belum megetahuinya. Sebab dirinya mengaku tidak ikut dalam rapat yang membahas pencairan THR dan 13 ASN tersebut.
“Mungkin Senin besok (13/5) , sudah bisa diketahui,” katanya singkat.
OPD terkait di Kab Sidoarjo memang secara resmi belum mengeluarkan informasi terkait pencairan THR ASN dan gaji 13 bagi ASN tahun 2019 ini.
Sehingga banyak ASN Sidoarjo yang bertanya-tanya. Salah satunya Endang, seorang ASN dari Diskominfo Sidoarjo. Dirinya tidak tahu sama sekali.  Sehingga kadang menunggu kabar beritanya dari koran. Karena menurutnya media  massa terkadang cepat memberikan informasinya.
Menurut para ASN di Kab Sidoarjo, cairnya THR ASN ini ditunggu-tunggu, karena akan dipakai  untuk segera berbelanja persiapan hari raya Idul Fitri. Mereka pun hanya bisa menebak-menebak saja.
Misalnya THR bagi ASN akan diberikan pada Bulan Mei ini, tapi tidak tahu kapan pastinya. Juga pencairan gaji 13, akan diberikan awal Bulan Juli karena akan dipakai untuk kebutuhan anak masuk sekolah. Tetapi kapan waktunya, mereka juga tidak tahu.
Salah seorang ASN perempuan yang ada di Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa ( DPMD) Kab Sidoarjo mengatakan, menjelang hari raya Idul Fitri saat ini,  beberapa kebutuhan dapur sudah meningkat tajam. Seperti bawang putih sempat mencapai Rp80 ribu perkilogram. Namun kini turun menjadi Rp60 ribu perkilogram.
Ternyata berita pasti kapan pencairan THR bagi ASN dan pencairan gaji 13 di Kab Sidoarjo ini, tidak hanya ditunggu-tunggu oleh ASN muslim saja, namun juga dinanti oleh ASN yang non muslim juga di Kab Sidoarjo.
Dalam ngobrol-ngobrol santai dengan Drs Setyo Winarno MSi,  Sekretaris Diskominfo Kab Sidoarjo, dikalangan lembaga Pusat, katanya, pencairan THR bagi ASN ini harus sudah diberikan pada H-10 Idul Fitri. Tetapi dirinya tidak tahu khusus untuk wilayah Prov Jatim.
“Sebab bisa jadi tergantung kebijakan  dari Gubernur masing-masing,” komentarnya.
Namun karena menyangkut kebutuhan menjelang lebaran, menurut Setyo Winarno, pencairan THR bagi ASN dianggap lebih cepat akan lebih baik, karena ditunggu orang banyak
Terkait THR bagi para non ASN, menurut Setyo Winarno, seperti yang sudah-sudah,  menjadi tanggung jawab dari OPD masing-masing. (kus)

Tags: