Anggaran Pilkades Serentak, Malang Siapkan Rp14,3 M, Blitar Rp8,35 Miliar

Pelaksanaan Pilkades Tahap III 2019 di Desa Selorejo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, tiga Cakades mengajak istrinya untuk duduk mendampingi dalam pencoblosan suara Pilkades.

Kab Malang, Bhirawa
Pemkab Malang pada Minggu (30/6), telah menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Tahap III 2019 secara serentak. Pihak Pemkab Malang menyiapkan anggaran untuk Pilkades Rp 14.3 Miliar. Sedangkan Pemkab Blitar menyiapkan Rp 8,35 Miliar.
Pelaksanaan Pilkades di Kabupaten Malang tersebar di 22 kecamatan dari 33 kecamatan dan terdapat 269 desa dari 378 desa yang menyelenggarakan Pilkades, yang diikuti 858 orang Calon Kepala Desa (Cakades).
Secara simbolis Plt Bupati Malang HM Sanusi membuka secara resmi pelaksanaan Pilkades di Kantor Balai Desa Sukaraharjo, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) setempat.
Dalam pelaksanaan Pilkades Tahap III itu, Plt Bupati Malang HM Sanusi meminta kepada masyarakat, agar Pilkades ini dijadikan sebagai momentum untuk memperkuat partisipasi masyarakat dan konsolidasi demokrasi masyarakat. “Karena masyarakatlah yang berperanan penting untuk menentukan arah kebijakan Pemerintahan Desa (Pemdes) sesuai kebutuhan masyarakat, yang berkualitas, mampu menuntun masyarakat perdesaan pada peningkatan kesejahteraan dan kemajuan pembangunan,” katanya.
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Malang Suwadji menambahkan, dalam Pilkades Tahap III sudah dpersiapkan jauh hari, baik itu anggaran maupun pengamanannya. “Anggaran tersebut bersumber dari APBD Tahun 2019,” ungkapnya.
Sementara itu Bupati Blitar, Drs. H Rijanto, MM mengatakan pelaksanaan Pilkades serentak pada 15 Oktober 2019 sebanyak 167 Desa, pihaknya juga telah menyiapkan anggaran Pilkades untuk masing-masing desa sebesar Rp. 50 juta per Desa. Total anggaran yang disiapkan Rp8,35 Miliar. “Untuk biaya Pilkades serentak tahun ini Pemkab Blitar akan siapkan dana sebesar Rp. 50 juta per Desa,” kata Bupati Rijanto.
Kepala Bagian Pemerintah Setda Pemkab Blitar, Bambang Dwi mengatakan, untuk masing-masing Desa penyelenggara Pilkades serentak tahun 2019 ini yang mendapat jatah anggaran senilai Rp 50 juta, dananya melekat di Kecamatan. “Untuk alokasi anggaran Pilkades berada di masing-masing Kecamatan dengan jumlah sesuai dengan jumlah Desa yang menyelenggarakan Pilkades,” kata Bambang Dwi.
Lanjut Bambang Dwi, untuk alokasi anggaran Pilkades di Kecamatan juga bias menyesuaikan kebutuhan dana Pilkades di masing-masing Desa, dimana diharapkan anggaran tersebut bias mencukupi kebutuhan selama tahapan Pilkades. “Namun jika ada Desa yang anggaran nya sisa, maka bisa digunakan oleh Desa yang lainya, dimana maksimal per Desa hanya mendapat jatah Rp 50 juta saja,” jelasnya.
Sementara perlu diketahui tahun 2019 ini Kabupaten Blitar akan melaksanakan Pilkades serentak di 167 Desa yang tersebar di 22 Kecamatan, dimana proses pemungutan suara akan digelar pada 15 Oktober 2019 mendatang.
Sedangkan tahapan Pilkades saat ini sudah mulai dilakukan, dimana tahap persiapan mulai tanggal 18 Juni hingga 27 Agustus 2019, tahap pencalonan mulai 30 Juli hingga 14 Oktober 2019, selanjutnya tahapan penetapan hingga pelantikan mulai tanggal 16 Oktober hingga 13 Desember 2019. [cyn,htn]

Tags: