Alat Kelengkapan Dewan Ditarget Akhir Agustus Terbentuk

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bojonegoro, Imam Solihin.

DPRD Bojonegoro, Bhirawa
Pasca dilantiknya dan pengambilan sumpah jabatan bagi anggota DPRD terpilih Kabupaten Bojonegoro beberapa lalu, maka Lembaga yang terhormat ini akan segera membentuk Alat Kelengkapan Dewan (AKD).
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bojonegoro, Imam Solihin mengatakan, saat ini telah menyusun surat ke pimpinan partai yang memiliki kursi di legislatif. Rapat disusun bersama wakil ketua sementara DPRD, dengan batas waktu hingga Kamis (29/8) mendatang.
“Kita sudah berkirim surat ke pimpinan partai, untuk mengirimkan nama – nama pimpinan fraksi,” ujar Solihin, kemarin. Menurut Imam Solihin, ditargetkan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) sudah terbentuk akhir bulan Agustus 2019 ini. Politisi PKB ini optimistis target itu terlaksana tepat waktu.
“Alat kelengkapan DPRD terdiri atas pimpinan, badan musyawarah, komisi, Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda), badan anggaran, dan badan kehormatan,” ujarnya.
Kemudian pada awal September sudah kerja efektif. Terkait pembentukan fraksi, butuh cukup waktu. Terutama pada partai yang tidak cukup membuat fraksi sendiri. Konsekwensinya partai tersebut harus koalisi.
Menurut Imam, setelah penyusunan alat kelengkapan dewan selesai, tugas-tugas kelembagaan maupun personal DPRD segera dilakukan. Pekerjaan lain, lanjut Solihin, pihaknya akan menggelar rapat membahas tata tertib DPRD. [bas]

Tags: