Aksi Penjual Air Mineral dan Polwan Penghafal Asmaul Husna Redam Aksi Demo

Untuk meredam aksi masa, Polda Jatim menurunkan Pasukan Asmaul Husna. [gegeh]

Surabaya, Bhirawa
Ditengah aksi yang memanas, ada sosok penjual air mineral yang mampu menghipnotis ribuan massa aksi di depan Gedung DPRD Jatim, Kamis (26/9/2019). Sambil membawa air dingin diatas kepala, penjual tersebut berjoget. Sontak mahasiswa tertawa hingga terbahak-bahak.
“Yang dingin, yang dingin, yang dingin,” kata penjual air mineral dikerumunan massa aksi. Dalam waktu itu juga, dagangannya ludes dibeli oleh mahasiswa.
Hal lain yang membuat suasana demo menjadi dingin adalah upaya Polda Jatim juga menerjunkan pasukan Asmaul Husna untuk mengamankan aksi massa. Mereka berada pada barisan depan. nerhadapan langsung dengan demonstran.
Pada sejumlah aksi besar, pasukan Asmaul Husna ini sering diturunkan, terutama pada aksi yang berpotensi rusuh. Pasukan ini terdiri dari ratusan anggota polisi penghafal 99 nama-nama Allah. “Kami ingin aksi unjukrasa nanti berjalan aman dan tertib. Karena itu, bukan polisi bersenjata yang ada di depan. Tetapi pasukan asmaul husna,” kata Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan.
Tak hanya itu, untuk membuat suasana tetap adem, ratusan Polwan cantik juga disiapkan. Mereka pula yang akan mendampingi peserta aksi bersama-sama dengan pasukan asmaul husna. “Karana itu, kami meminta adik-adik mahasiswa juga tertib. Jangan membuat anarkis, sehingga memancing emosi aparat. Imbauan sama juga kami sampaikan kepada aparat keamanan. Prinsipnya, aspirasi tetap bisa disampaikan dengan baik, tanpa ada ketegangan,” katanya.  [geh]

Tags: