Aksi 22 Mei, Bupati Fadeli, MUI dan FKUB Serukan Pentingnya Persatuan

Bupati Fadeli saat berziarah ke makam leluhur , Mbah Lamong, Jumat (24/5) .(Alimun Hakim/Bhirawa).

Lamongan,Bhirawa
Aksi sekelompok perusuh yang membuat suasana tidak kondusif di negara Indonesia, membuat sejumlah tokoh yang ada di Forum Pimpinan Daerah Kabupaten Lamongan turut mengecam keras dan lebih mementingkan kepada keselamatan rakyat dengan memperkuat persatuan dan kesatuan.
Kecaman keras itu di utarakan Ketua Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Lamongan KH. Masnur Arif mengecam dan mengutuk keras aksi 22 Mei yang berakhir ricuh, hingga berujung menelan korban jiwa. Menurutnya tidak seharusnya umat Islam dikorbankan demi kepentingan politik sesaat.
Masnur Arif yang juga merupakan Ketua Bidang Fatwa MUI menjelaskan, Islam tidak pernah mengajarkan tindakan tindakan kekerasan yang mampu memecah belah umat, apalagi sampai menimbulkan korban jiwa.
Ia menghimbau seluruh masyarakat tidak terpengaruh dengan informasi informasi bohong yang memprovokasi pada perpecahan.
“Kami mengecam dan mengutuk keras tindakan anarkis yang terjadi pada saat aksi 22 Mei kemarin. Itu benar benar tidak mencerminkan kedewasaan dalam berpolitik apalagi dalam menjaga keutuhan dan persatuan warga bangsa,” kata Kiai Masnur Arif, Jum’at (24/5) siang.
FKUB, kata Masnur Arif, mengapresiasi kinerja TNI dan Polri yang senantiasa menjaga dan menciptakan keamanan dari proses awal pemilu hingga penetapan hasil oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.
“Kami menyaksikan betapa TNI dan Polri mempunyai tugas berat dalam mengamankan pemilu 2019 ini, hingga dapat berlangsung dengan aman, damai, jujur dan kondisif. Sehingga kami mendukung penuh uapaya TNI Polri dalam menciptakan situasi yang aman,” Pungkasnya.
Sementara itu Ketua Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Lamongan KH.Abdul Aziz Khoiri menuturkan, Rasulullah S.A.W pernah bersabda tentang soal bagaimana menjaga amanya dunia ketika masuk ke  Madinah. “Pertama yang di ucapkan adalah sebar luaskanlah keselamatan , dimana masyarakat ini bisa selamat dari beberapa hal – hal yang tidak diinginkan , menciptakan situasi aman , nyaman dan kondusif buat kita bersama” Tuturnya.
Terpisah Bupati Fadeli menuturkan jika mendukung penuh TNI-Polri dalam menegakkan dan menjaga keamanan dan ketertiban.
Fadeli juga berharap kepada masyarakat untuk bisa menahan diri dan menghindari aksi-aksi anarkis yang melawan hukum. “Mari kita jaga kebersamaan dan kerukunan di masyarakat,” Ajaknya. [Mb9]

Tags: